macam macam software pembelajaran matematika



TUGAS SATU
SOFTWARE PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Dosen Pengampu : HARRY DWI PUTRA,S.Pd., M.Pd






Hasil gambar untuk logo stkip siliwangi bandung





Di susun oleh:

SITI ROMLAH
14510123










SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
SILIWANGI BANDUNG
2017

BAB 11
ISI
1.     GEOGEBRA

A.  Pengertian
Geogebra singkatan dari Geometry dan Algebra. Program aplikasi ini diciptakan oleh Markus Hohenwarter.  Alamat resmi gerogebra adalah geogebra.org. Geogebra merupakan produk non-profit dan berlisensi publik. Artinya geogebra bukan merupakan aplikasi yang ditujukan untuk penjualan atau pembelian dalam rangka mencari keuntungan. Dengan ini kita bisa mendapatkan aplikasi Geogebra secara gratis dan kita boleh menyebar luaskan kepada setiap orang.
Geogebra merupakan program aplikasi ICT yang ditujukan untuk membantu pembelajaran Matematika dalam bidang Geometri, Satistika, Kalkulus, dan Aljabar. Kita dapat meghubungkan titik, garis, segmen, vektor dengan bentuk yang lebih dinamis.
B.     Fungsi Geogebra
Karena Geogebra memiliki cakupan bidang Geometri, Satistika, Kalkulus, dan Aljabar, maka fungsi dari Geogebra juga dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari geogebra ini, diantaranya yaitu memudahkan kita dalam menggambar grafik, membantu perhitungan dalam geometri seperti mencari titik potong garis dan menentukan panjang garis, dalam bidang kalkulus kita juga bisa menggunakan geogebra ini untuk mencari turunan suatu fungsi, menghitung luas dibawah kurva, dan lain-lain. Namun di sini akan lebih banyak di bahas tentang fungsi Geogebra dalam pembelajaran Aljabar pada materi Fungsi Polynomial.
Dalam pembelajaran fungsi selalu berkaitan dengan grafik. Oleh karena di samping mempelajari fungsi itu sendiri, tentu selalu di ikuti degan cara-cara melukis grafik fungsi tersebut. Biasanya guru meminta para peserta didik untuk melukis grafik fungsi seacara manual. Yaitu dengan cara mencari titik koordinat yang dibutuhkan untuk membantu melukis garfik fungsi tersebut.

                 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhB8VprY05FICJudiRvFJ3zGUEkaX_aH2Fgrf4RxWNXyJEQWbE2RdBxCfPu8oiw1_nwApJbC5nojZ0ioD3lfyDeJeZj9Vq9tg2qhdfmO1jgpyblTOCbn064_eLMKyyAxGUUgdfWDHUGf08Y/s1600/2.png



                 GeoGebra merupakan program computer open source yang bersifat dinamis dan interaktif untuk mendukung pembelajaran dan penyelesaian persoalan matematika khususnya Geometri, Aljabar, dan Kalkulus. GeoGebra banyak digunakan untuk pengerjaan grafik, matriks dan lain-lain.

C.  Contoh tahapan dalam  Penggunaan GeoGebra :
Ø Membuat Segitiga sama sisi dari dua buah Lingkaran :
1.    Pertama masuk pada aplikasi GeoGebra, berikut tampilan awal dari GeoGebra

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhB8VprY05FICJudiRvFJ3zGUEkaX_aH2Fgrf4RxWNXyJEQWbE2RdBxCfPu8oiw1_nwApJbC5nojZ0ioD3lfyDeJeZj9Vq9tg2qhdfmO1jgpyblTOCbn064_eLMKyyAxGUUgdfWDHUGf08Y/s1600/2.png

2.    Selanjutnya klik “Circle with Center Through Point” untuk membuat lingkaran, lihat pada gambar berikut yang ditunjukkan oleh tanda anak panah.
      Gambar

3.    Klik titik A lalu tarik kursor sehingga membuat sebuah lingkaran dan klik untuk menentukan titik B yang sejajar dengan titik A tersebut seperti pada gambar dibawah ini

 Gambar

4.    Lalu buatlah sebuah lingkaran yang sama dengan klik “Circle with Center Through Point” , klik pada titik B lalu arahkan kursor ke titik A dan klik. Maka akan terlihat seperti gambar berikut
 Gambar
5.    Setelah itu klik  toolbar Gambar “New Point” untuk membuat titik C yaitu titik perpotongan dari kedua lingkaran tersebut. lihat pada gambar :                                                           Gambar

6.    Selanjutnya hubungkan ketiga titik tersebut dengan menggunakan “Segment between Two Points“. klik dari titik A ke titik B , klik titik B ke titik C dan dari titik C kembali ke titik A. Sehingga akan membentuk sebuah segitiga. lihat langkah pada gambar berikut :         Gambar



7.    Setelah itu untuk mengetahui luas segitiga tersebut klik “Polygon” dengan cara klik titik A lalu klik titik B setelah itu klik titik C lalu klik titik A, maka akan didapat luas segitiga yang ditunjukkan tanda anak panah seperti berikut
     Gambar
8.    Selanjutnya klik kanan pada sisi segitiga tersebut lalu pilih Object Properties, setelah itu klik Conic cdan Conic d sehingga tidak menyala lalu exit. lihat pada gambar :Gambar
Gambar
9.    Lalu klik “Move” Gambar untuk mengklik garis di setiap sisi segitiga tersebut, klik kanan pada ruas AB lalu klik Rename dan isi dengan kata Value . Lalu klik OK, lakukan yang sama untuk ruas BC dan CA maka akan terlihat seperti pada gambar berikut :         Gambar
Gambar

10.    Maka terlihat bahwa panjang ruas AB=BC=CA, jika ingin membuktikan dengan sudut klik toolbar “Angle”  lalu klik titik B ke titik A lalu ke titik C untuk mengetahui sudut A, lakukan hal yang sama untuk mengetahui sudut B dan sudut C. Maka akan didapat seperti gambar berikut

 Gambar
Maka terbukti bahwa sudut A = sudut B = sudut C.
Ø Membuat Belah Ketupat dengan Lingkaran :
1.    Klik “Circle with Center Through Point” untuk membuat lingkaran, klik titik A lalu tarik kursor lalu klik maka akan didapat titik B. Lihat pada gambar
      Gambar
2.    Lalu klik toolbar Gambar “New Point” pada garis lingkaran tersebut sehingga seperti pada gambar :    Gambar
3.    Selanjutnya klik toolbar “Segment between Two Points” Gambar, untuk menghubungkan titik A ke titik B lalu titik A ke titik C. Seperti gambar berikut
 Gambar

4.    Selanjutnya klik toolbar “Parallel Line” , lalu klik garis AB geser sampai di titik C lalu klik dan klik garis AC geser sampai di titik B lalu klik. Maka akan seperti berikut :        Gambar

Gambar
5.    Lalu klik toolbar “New Point” Gambar, klik pada perpotongan dari dua garis sejajar garis AB dan garis AC. Seperti pada gambar dibawah ini

 Gambar
6.    Setelah itu klik  toolbar “Polygon” Gambar,  lalu klik pada setiap titiknya yaitu titik A, B, C dan D sesuai arah jarum jam dan kembali pada titik

   Gambar

7.    Kemudian klik kanan lalu pilih Object Properties pada setiap sisi AB , BD, DC, CA dan klik conic c, line d, dan line e  lalu exit, lihat langkah pada gambar-gambar berikut ini :


Gambar
Gambar
Gambar
8.    Untuk membuktikan apakah bangun tersebut adalah sebuah belah ketupat maka dapat menggunakan dua cara dalam software ini yaitu dengan mencari nilai sudutnya dan mencari panjang dari tiap ruas belah ketupat tersebut. Berikut langkah-langkahnya :
·      Klik toolbar “Angle” seperti pada gambar
 Gambar
·       Klik titik A ke titik B lalu ke titik C akan didapat sudut B maka lakukan hal yang sama yaitu mengklik secara berurutan agar didapat sudut A, sudut C dan sudut D seperti gambar berikut

 Gambar
·       Kemudian klik toolbar “Move” Gambar,  lalu klik kanan pilih Rename  dan isi dengan kata “value” lalu klik OK pada setiap sisi pada belah ketupat tersebut, maka akan didapat seperti gambar dibawah ini
 Gambar
Gambar
Maka terbukti bahwa ini adalah bangun datar belah ketupat, karena sisi-sisinya sama.

2. ADOBE FLASH
A. PENGERTIAN
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. 

B. SEJARAH
Flash lahir dari seseorang bernama Jonathan Gay. Jon yang geek gemar menulis game dan membuat animasi di komputer. Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk di bangku sekolah.
Tahun 1993 ia mendirikan FutureWave Software dengan produk pertama SmartSketch. Inilah cikal bakal Macromedia Flash. Tahun 1995 SmartSketch berganti nama menjadi CelAnimator. Menjelang akhir 1995, FutureWave sempat mengalami masalah finansial dan mencari pembeli. Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah John Warnock dari Apple, lalu juga Adobe dan Fractal Designs.
Juli 1996 CelAnimator berubah nama kembali menjadi FutureSplash Animator. Produk ini menimbulkan minat di kalangan industri. Tak kurang dari Microsoft yang menggunakan dan amat menyukainya. Disney juga sama. Ketika itu MSN ingin dibuat mengikuti model televisi, dan animasi-animasi full screen dibuat dengan FutureSplash.
Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai Shockwave—plugin browser untuk produk animatornya bernama Director—mendekati Jon. Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0.

Ada desas-desus bahwa jika Macromedia membeli FutureWave, maka Microsoft akan mencaplok Macromedia. Ternyata dugaan tersebut tidak benar, karena Microsoft kemudian mengubah haluan dan menjadikan MSN lebih berbasis teks ketimbang televisi.
Selanjutnya Flash 2 dirilis pertengahan 1997 dan mendapatkan pujian di mana-mana. Flash 3 dan Generator menyusul April 1998. Karena tekanan Adobe yang mempromosikan format SVG— Macromedia mengumumkan membuka format file *.swf bagi publik.

Flash 4 dan 5 menyusul 1999 dan Juli 2000. Sementara itu semakin banyak software lain yang mendukung memainkan dan menghasilkan .swf, antara lain QuickTime dan CorelDRAW. Versi 5 menambahkan integrasi dengan XML, Generator, dan ActionScript. 
Jonathan Gay kini bekerja sebagai developer untuk Macromedia. Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash dikarenakan Macromedia yang merupakan produsen pembuat flash profesional kini telah merjer dengan adobe corp, perubahan terjadi pada macromedia flash series 9 menjadi Adobe Flah CS3 pada April 16, 2007 ) merupakan tools yang dikembangkan untuk membuat berbagai aplikasi berbasis internet. Pada awalnya, Flash yang dilengkapi bahasa pemrograman ActionScript digunakan oleh developer web untuk mendesain web menjadi lebih interaktif dengan berbagai macam animasi. Namun, kemudian Flash banyak digunakan untuk membuat aplikasi multimedia interaktif. Seperti iklan banner, intro film, CD interactive, hingga pembuatan dan animasi.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.


1. Jenis-jenis 

Ø FutureSplash Animator (10 April 1996)
Ø Flash 1 (Desember 1996)
Ø Flash 2 (Juni 1997)
Ø Flash 3 (31 Mei 1998)
Ø Flash 4 (15 Juni 1999)
Ø Flash 5 (24 Agustus 2000) - ActionScript 1.0
Ø Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
Ø Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0
Ø Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003)
Ø Flash Basic 8 (13 September 2005)
Ø Flash Professional 8 (13 September 2005)
Ø Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.
Ø Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)
Ø Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)
2. TOOLS
Berikut jenis jenis tool beserta tombol cepat untuk memanggil tools yang dibutuhkan yang bisa anda gunakan:
·      Selection tols (V).Digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di dalam stage.
·      Sub selection (A) Mirip dengan Selection Tool, tetapi kita bisa memilih komponen-komponen terkecil bila objek yang aktif merupakan objek shape.
·      Free transform tols  (Q)Digunakan untuk memanipulasi objek yang terpilih. Manipulasi yang bisa kita lakukan antara lain rotate, scaling, skew,dll.
·      Gradients transform (F)  Digunakan untuk memanipulasi warna gradien yang adapada objek.
·      Lasso Tool (L)  Digunakan untuk memilih bagian dar objek shape dengan bentuk yang kita inginkan. Tidak seperti selection Tool yang hanya memungkinkan kita memilih objek Shape dengan cakupan wilayah persegi.
·      Pen Tool (P)  Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual.
·      Add Anchor Point Tool (=)  Digunakan untuk menambah vertex pada garis shape yang ada.
·      Delete Anchor point Tool (-)  Digunakan untuk menghapus vertex yang ada pada garis shape.
·      Convert Anchor point Tool (C)  Text Tool (T)  Digunakan untuk menambahkan komponen teks pada satge, typenya antara lain Static text, dynamic text, input text.
·      Line Tool (N)  Digunakan untuk menggambar garis lurus, hasilnya berupa garis shape.
·      Rectangle Tool (R)  Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk persegi.
·      Oval Tool (O)Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk oval.
·      Rectangle Primitive Tool (R)  Digunakan untuk membuat gambar berupa persegi, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.
·      Oval Primitive Tool (O)  Digunakan untuk membuat gambar berupa Oval, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.
·      Polystar Tool   Digunakan untuk membuat objek shape dengan banyak sisi.

Pencil Tool (Y)  Digunakan Untuk Menggambar garis secara bebas, hasilnya berupa garis shape.

·      Brush Tool (B)  Digunakan untuk mewarnai stage, seakan layaknya sebuah cat, bentuk yang dihasilkan merupakan objek shape.
·      Ink Bottle Tool (S)Digunakan untuk mewarnai pada tepi/edge dari objek yang dipilih.
·      Paint Bucket Tool (K)  Digunakan untuk mewarnai pada suatu bidang/objek yang dipilih.
·      Eyedropper Tool (I)Digunakan untuk mengeset warna yang dipilh sebagai warna aktif untuk Stroke atau Fill ColorErase Tool (E)  Digunakan untuk mengahapus objek shape yang ada dalam stage.
·      Hand Tool (H)  Digunakan untuk bernavigasi secara bebas
·      Zoom Tool ()Digunakan untuk memperbesar/memperkecil ukuran semua objekyang ada pada stage.

C. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
1. Kelebihan Program Aplikasi Adobe Macromedia Flash antara lain :
v Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
v Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.
v Kebutuhan hardware yang tidak tinggi
v Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone
v  Dapat ditampilkan di berbagai media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
v Adanya Actionscript. Dengan actionscript anda dapat membuat animasi dengan menggunakan kode sehingga memperkecil ukuran file. Karena adanya actionscript ini juga Flash dapat untuk membuat game karena script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dsb. yang berguna dalam game. Selain itu, Flash adalah program berbasis vektor.

2. Kelemahan Adobe Flash
Kelemahan-kelemahan yang ada di Microsoft power point, seperti penambahan sebuah animasi yang lebih beragam dan menarik serta pengaturan navigasi  yang lebih kompleks  akan bisa diatasi apa bila kita menggunakan Program Macromedia Flash.  Macromedia juga menjadi salah satu alternatif didalam pembuatan animasi bergerak yang kemudian kita kenal dengan istilah kartun. Dengan program ini kita bisa berkreasi  sesuai dengan  selera serta imajinasi, satu hal lagi yang menjadi kehandalan program ini adalah memungkinkan penanbahan sebuah program database, walau sebenarnya ini tidak terlalu penting didalam pembuatan presentasi.
D. Belajar Mengenal Adobe Flash CS6 dan Tools Penggunaanya
1. Menjalankan Adobe Flash CS6
Pertama-tama kalian dapat membuka Software Adobe Flash CS6 yang ada di Komputer kalian dengan cara mengklik kiri dua kali. Sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah beserta penjelasanya:


adobe flash,pengertian adobe flash,mengenal adobe flash cs6,cara menjalankan adobe flash cs6
Tampilan Awal di Adobe Flash CS6


Penjelasan :
v Create from template digunakan untuk membuka template-template yang sudah disediakan di Adobe Flash CS6.
v Create New digunakan untuk membuat atau membuka file dokumen baru .
v Learn pada bagian ini akan di jelaskan dasar-dasar  penggunaan yang ada di Adobe Flash, pengguna nanti akan diarahkan ke Situs Web Adobe.com ketika memilih.
v Open a Recent Item digunakan untuk membuka file dokumen yang baru saja dibuat dan disimpan.
v Open digunakan untuk membuka file yang tersimpan di direktori folder pada komputer kalian.
v Don't show again ketika di centang maka akan berfungsi untuk menyembunyikan  tampilan awal Adobe Flash.

2. Membuka atau membuat file dokumen baru
Seperti gambar tampilan diatas kalian dapat membuka atau membuat file dokumen baru di Adobe Flash CS6 dengan dua cara:
a) Pada bagian Create New  kalian dapat memilih  jenis versi Action Script (Contoh Action Script 3.0).
b) Pada bagian menu pilih File lalu New pada Tab General pilih jenis versi Action Script.

3. Mengenal penggunaan tools di Adobe Flash CS6

tampilan file adobe file flash cs6,tab dokumen,menu bar,workspace,nama panel,panel tools,timeline ,scale view



Penjelasan :
v Tab Dokumen menunjukan tabulasi dari suatu dokumen atau stage yang sedang dibuat.
v Menu bar suatu barisan menu yang berfungsi untuk melakukan perintah yang di tampilkan menggunakan text.
v Workspace digunakan untuk mengatur layout atau tampilan area kerja di Adobe Flash CS6.
v Stage  menunjukan suatu tempat dibuat atau diolahnya keseluruhan obyek yang ada di Adobe Flash CS6.
v Scale View berfungsi untuk mengatur skala atau ukuran pada Stage.
v Timeline pada bagian ini digunakan untuk memanage( mengatur dan mengontrol) isi yang ada di file dokumen dalam layar dan frame.
v Motion editor merupakan kelanjutan dari timeline yang juga digunakan untuk mengontrol animasi.


timeline ,motion editor adobe flash cs6



Panel Properties Adobe Flash CS6
Penjelasan :
v Panel Properties pada panel ini kalian dapat mengatur suatu Stage,Obyek, dan Frame yang kalian pilih. disini juga terdapat Publish Setting  yang dapat kalian pilih untuk menentukan hasil dari program yang telah kalian buat di Adobe Flash CS6. 

3.    WINGEOM
A.  Pengertian
Program Wingeom merupakan salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik (dynamic mathematics software) untuk topik geometri. Program ini dapat digunakan untuk membantu pembelajaran geometri dan pemecahan masalah geometri. Program Wingeom merupakan program yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis (totally freeware ).
Cabri Geometry 2 Plus adalah suatu software yang sangat membantu kita yang ingin mempelajari konstruksi geometri. Dengan Cabri 2 Plus kita bisa membuat konstruksi berbagai bangun- bangun geometri (dimensi 2) beserta hubungan  diantara mereka. Di Cabri 2 Plus tersedia berbagai menu menggambar, mulai dari menggambar garis dan ruas garis sampai menggambar konflik antara lingkaran dan garis (yang akan menghasilkan dua buah parabola).
Beberapa keunggulan    yang dimiliki  oleh  cabri geometri II plus dibandingkan dengan software-software sejenis dan versi sebelumnya adalah:
1.    Antar muka(interface) yang lebih mudah dipahami dan digunakan (user friendly)  dan lebih  sederhana.  Cabri geometri 2 plus memiliki tampilan yang mirip dengan software office yang dikeluarkan Microsoft,  dimana terdapat menu terdapat struktur antar muka seperti file, edit, options, window, help dan lain-lain. Pada toolbar disediakan alat untuk membuat dan memodifikasi diagram seperti  titik, garis, lingkaran, kurva, titik tengah dan sebagainya. Selain itu pada cabri  geometri 2 plus terdapat beberapa kumpulan pointers yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
2.    Icon-icon  yang  lebih  baik  dan  jelas sehinga mudah untuk digunakan dan jumlah  warna bertambah menjadi 36 jenis warna dasar.
3.    Perangkat  tambahan  disediakan untuk memberikan nama padasetiap objek dengan jenis dan ukuran font yang lengkap,  selain itu  angka dan equations dapat disisipkan diantara teks dan lembar kerja.
4.    Mampu menambahkan gambar pada titik, segmen, segitiga dan segiempat. Jenis-jenis gambar yang bisa disisipkan berformat, BMP, JPG dan GIF.
5.    Beberapa garis sketsa pembentuk gambar dihilangkan sehingga gambar yang dibuat lebih jelas.
6.    Pemotongan bagian gambar lebih baik dari versi sebelumnya.
7.    Gambar bisa diimpor dari dan ke file lain yang sejenis.

B.  Tahapan Penggunaan Wingeom
Berikut beberapa contoh penggunaan aplikasi Cabri Geometry 2 Plus.

 1. Menggambar Elips

·      Buka software Cabri 2D
·      Buat garis lurus dengan mengklik  “Line”.
Image
     Image
·      Beri nama titik pada line yang telah di buat, dengan mengklik  “Label”, lalu beri nama titik dengan nama “F1”
Image
     Image
·      Buat titik fokus ke dua di sebelah kanan titik fokus 1 (F1) pada garis lurus tadi, dengan mengklik  “Point on objek”
Image
·      Beri nama titik dengan nama “F2”  dengan mengklik  “Label”.
Image
Image

·      Buat lingkaran dengan mengklik  “Circle” yang berpusat di titik “F1” dan berjari-jari lebih besar dari panjang |F1F2|.
Image
Image
·      Buat garis lurus melalui pusat lingkaran dan memotong lingkaran di titik A (beri label/nama titik “A” pada perpotongan garis dengan lingkaran).
ImageImage
·      Buat segment garis F1A dan F2A dengan mengklik “Segment”.
Image
Image
Image

·      Buat garis tegak lurus melalui titik tengah (garis sumbu) segment garis F2A dengan mengklik  “Perpendicular Bisector”.
ImageImage
·      Buat titik perpotongan garis sumbu dengan segment garis F1A dan perpotongan garis sumbu dengan F2A, dengan mengklik  “Intersection Points”.
Image
·      Beri nama titik-titik potong tersebut dengan nama titik “B” dan “C”.
Image
·      Aktifkan jejak pergerakan titik “B” dengan perintah “Trace on/off”.
ImageImage
·      Sembunyikan titik C dan semua garis-garis yang telah dibuat kecuali garis yang melalui F1 dan F2 (garis sumbu Elips), dengan mengklik  “Hide/Show”.
Image
Image
·       Buat Segment garis F1B dan F2B dengan mengklik  “Segment”.
Image
·      Ganti jenis garis menjadi garis putus-putus dengan perintah “Dotted” akan muncul jenis-jenis garis, pilih jenis garis putus-putus, lalu klik segmen garis F1B dan F2B.
ImageImageImage
·      Ukur panjang segment garis F1B dan F2B dengan mengklik  “Distance and Length”.
ImageImage
·      Salin panjang segment garis F1B dengan mengklik  “Calculate”
·      klik ukuran panjang F1B  lalu  klik “=”
·      arah kan cursor pada box hasil
·      klik cursor  dan  tahan cursor lalu  geser cursor pada bidang gambar.
·      Maka akan muncul tulisan “Result= …” pada bidang gambar,
·      Klik “pointer” lalu  klik pada kata “Result= …” tersebut lalu ganti tulisan “Result=…” menjadi “F1B= ….”.
ImageImageImage
·      Lakukan seperti langkah  di atas tetapi dengan segment garis F2B untuk menampilkan “F2B= …”.
Image

·      Jumlahkan “F1B= …” dengan “F2B= … dengan mengklik kembali “calculator box”
·      klik “F1B= …  lalu  klik “+”
·      klik “F2B= …  lalu  klik “=”
·      lalu kan hasil penjumlahan ke bidang gambar seperti langkah  diatas pindah

Image
Image
·      Tampilkan Animasi, dengan perintah “Animation”
·      Klik titik A  dan  Tahan  lalu  geser kursor ke kiri atau ke kanan  lalu  lepas kursor.
Image

Image
·      Maka titik B akan bergerak dengan meninggalkan jejak-jejak bidang datar berupa Elips, yang merupakan himpunanan titik-titik yang jumlah jarak titik tersebut dengan satu titik dan titik yang lainnya selalu tetap. (yaitu F1B + F2B = konstan).
Image

4.    GRAFHMATIKA
A.  Pengertian
Graphmatica merupakan software yang dibuat oleh Keith Hertzer yang fungsi utamanya untuk membuat grafik fungsi. Tentu saja tujuan khusus penggunaan software ini ditujukan untuk pembelajaran matematika. Grafik fungsi yang dapat digambar dengan software ini antara lain grafik fungsi linear, fungsi kuadrat, fungsi polinom, lingkaran, dll. Graphmatica yang akan dijelaskan pada sesi ini adalah Graphmatica 2.0h yang dirilis pada 14 Agustus 2011. Secara umum software graphmatica terdiri dari beberapa bagian, diantaranya titlebar, menubar, toolbar, fuctionbar, graph layout dan coordinate statusbar.
Fitur-fitur yang disediakan adalah sebagai berikut :
-Menggambar grafik
-Save, print dan copy graph
-Point table dan Data plot editor
-Integral
-Menggambar garis singgung
-Menggambar Turunan
-Mencari titik koordinat
B.  PENGGUNAAN GRAPHMATICA
1.    Fungsi Kuadarat
Untuk membuat garis persamaan kuadrat kita menuliskan pangkat dengan tanda “^”. Sebagai contoh kita akan membuat grafik persamaan kuadrat  . Berikut langkah – langkahnya :
1) Masukkan  fungsi pada functionbar dengan menuliskannya menjadi y=x^2
2) Tekan enter atau klik toolbar Draw Graph
3) Terbentuk grafiknya
4) Jika ingin di beri nama pada grafik , ketik edit lalu pilih annotionsi
5) Jika ingin melihat titik absis dan ordinat dari grafik tersebut, klik view lalu pilih poin tables
Untitled1
6)  Jika ingin mencari  nilai absis atau ordinat jika salah satunya diketahui.
Caranya ketik tools lalu pilih evaluate. Masukkan nilai x atau y maka akan dapat hasilnya.
7)  Berikut hasil outputnya
:Untitled2

2.  Persamaan Linear
v  Membuat Grafik Fungsi Kuadrat
Hal pertama yang harus dilakukan adalah, pastikan Program GRAPHMATICA ada dalam PC anda. Misalkan kita ingin mencari :
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan
2x – y ≤ 1
3x + y ≤ 14
x – 3y ≤ -2
x ≥ 0
y ≥ 0
Berikut langkah – langkahnya :
1)  Input persamaan 2x – y ≤ 1. (2x–y>=1)
Tanda ≤ dibalik menjadi ‘>=’, karena Himpunan Penyelesaian yang kita    cari adalah yang bukan di arsir. Lalu enter.
2) Input persamaan 3x + y ≤ 14. (3x+y>=14). Lalu enter.
3) Input persamaan x – 3y ≤ -2. (x–3y>=-2). Lalu enter.
4) Input persamaan x ≥ 0. (x<=0). Lalu enter.
5) Input persamaan y ≥ 0. (y<=0). Lalu enter.
6) Kemudian, beri nama. Klik Edit  Annotations (Ctrl+A). Lalu ketik ‘A‘, lalu Place, letakkan pada titik perpotongan garis dimulai dari ujung kiri bawah. Lalu lakukan hal serupa untuk meletakkan titik B, C, D. Terakhir lakukan hal serupa, tetapi sekarang ketik ‘HP‘. Letakkan titik HP tersebut pada gambar yang tidak di arsir.
7)  Hasil outputnya akan nampak seperti gambar dibawah ini.
Untitled3

v Menggambar Koordinat Kutub
Metode koordinat kutub adalah metode untuk menggambarkan titik dengan berpedoman pada jarak titik terhadap titik asal dan sudut yang diukur dari sumbu x positif. Sudut diukur dalam radian dan mempunyai arah berlawanan jarum jam. Sebagai contoh, untuk menggambarkan  r = cos t , kita ketikkan r = cos t lalu menekan enter.
Untitled8
v  Fungsi Parameter
Metode parameter adalah metode  menggambarkan titik dengan menggunakan peubah ketiga. Untuk memasukkan fungsi parameter, yang dibutuhkan adalah fungsi x(t), titik koma (;), y(t),  dan daerah asal t. Sebagai contoh, untuk menambarkan x=2cos t, y=3sin t, 0<t<2pi , kita ketikkan x=2cos t; y=3sin t {0, 2pi} lalu menekan enter.

Untitled9

v  Persamaan Diferensial
Graphmatica mempunyai kemampuan untuk mengaproksimasi penyelesaian persamaan diferensial sampai orde keempat. Untuk menggambarkan persamaan diferensial, kita harus menyertakan diferensial (dx, dy, …) sebagai salah satu peubah. Graphmatica menganggap dy sebagai dy/dx. Sebagai contoh, jika kita ingin menggambarkan y’ = 2x, kita dapat mengetikkan dy = 2x lalu menekan enter.
Untitled10

5. Mathlab
A. Pengertian
Nama MATLAB merupakan singkatan dari matrix laboratory. Dalam lingkungan perguruan tinggi teknik, Matlab merupakan perangkat standar untuk memperkenalkan dan mengembangkan penyajian materi matematika, rekayasa dan kelimuan. Di industri, MATLAB merupakan perangkat pilihan untuk penelitian dengan produktifitas yang tingi, pengembangan dan analisanya. Fitur-fitur MATLAB sudah banyak dikembangkan, dan lebih kita kenal dengan nama toolbox. Sangat penting bagi seorang pengguna MATLAB, toolbox mana yang mandukung untuk learn dan apply technology yang sedang dipelajarinya. Toolbox ini merupakankumpulan dari fungsi-fungsi MATLAB (M-files) yang telah dikembangkan ke suatu lingkungan kerja MATLAB untuk memecahkan masalah dalam kelas particular. Area-area yang sudah bisa dipecahkan dengan toolbox saat ini meliputi pengolahan sinyal, system kontrol, neural networks, fuzzy logic, wavelets, dan lain-lain.
Matrix laboratory atau yang lebih kita kenal dengan sebutan MATLAB merupakan sebuah program yang digunakan untuk menganalisis dan menghitung data-data numeris. Selain itu matlab juga merupakan bahasa pemrograman matematika lanjutan yang dibentuk dengan dasar pemikiran yang memakai sifat dan bentuk matrix. Biasanya MATLAB banyak digunakan oleh seorang engineer.
MATLAB merupakan sebuah program yang dikembangkan oleh The Mathwork Inc. yang hadir dengan fungsi dan sifat-sifat yang berbeda menggunakan bahasa pemrograman lain yang sudah ada sebelumnya, seperti Delphi, Basic, dan C++.

B. Sejarah MATLAB
Pada awalnya program aplikasi MATLAB ini merupakan suatu batas untuk koleksi numerik dari proyek LINPACK dan EISPACK, dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa FORTRAN, namun sekarang ini MATLAB merupakan produk komersial yang dikelola oleh perusahaan Mathworks, Inc.
Dalam perkembangan saat ini MATLAB dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemprograman C++ dan assembler, (yang merupakan fungsi-fungsi dasar MATLAB). MATLAB telah berkembang menjadi sebuah lingkungan pemprograman yang canggih yang berisi fungsi-fungsi built-in untuk melakukan tugas pengolahan logaritma, aljabar, linier, dan perhitungan matematis yang lainnya. MATLAB juga menyediakan berbagai fungsi untuk menampilkan data dan grafik baik dalam bentuk dua dimensi maupun dalam bentuk tiga dimensi.
MATLAB juga bersifat extensible, dalam arti bahwa seorang pengguna dapat menulis fungsi baru untuk menambahkan pada library, ketika fungsi-fungsi built-in yang tersedia tidak dapat melakukan tugas tertentu tanpa diarahkan oleh pengguna MATLAB sendiri. Kemampuan pemrograman yang dibutuhkan tidak terlalu sulit bila kita telah mempunyai pengalaman dan paham dalam pemrograman bahasa lain seperti C, PASCAL, atau FORTRAN
Penggunaan Matlab meliputi :
Ø Matematika dan komputasi
Ø Pembentukan algoritma
Ø Akusisi data
Ø Pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototype
Ø Analisa data, explorasi, dan visualisasi
Ø Grafik keilmuan dan bidang rekayasa
Sebagai sebuah system, MATLAB tersusun dari 5 bagian utama:
1.    Development Environment, merupakan sekumpulan perangkat dan fasilitas yang membantu kita untuk menggunakan fungsi-fungsi dan file-file MATLAB. Beberapa perangkat ini merupakan sebuah Graphical User Interfaces (GUI). Termasuk didalamnya adalah MATLAB desktop dan Command Window, Command History, sebuah editor dan debugger, dan browsers untuk melihat help, workspace, files, dan search path.
2.    MATLAB Mathematical Function Library, merupakan sekumpulan algoritma komputasi mulai dari fungsi-fungsi dasar sepertri: sum, sin, cos, dan complex arithmetic, sampai dengan fungsi-fungsi yang lebih kompek seperti matrix inverse, matrix

eigenvalues, Bessel functions, dan fast Fourier transforms.

3.    MATLAB Language, merupakan suatu high-level matrix/array language dengan control flow statements, functions, data structures, input/output, dan fitur-fitur object-oriented programming. Ini memungkinkan bagi kita untuk melakukan kedua hal baik

“pemrograman dalam lingkup sederhana ” untuk mendapatkan hasil yang cepat, dan “pemrograman dalam lingkup yang lebih besar” untuk memperoleh hasil-hasil dan aplikasi yang komplek.

4.    Graphics, MATLAB memiliki fasilitas untuk menampilkan vector dan matrices sebagai suatu grafik. Didalamnya melibatkan high-level functions (fungsi-fungsi level tinggi) untuk visualisasi data dua dikensi dan data tiga dimensi, image processing, animation, dan presentation graphics. Ini juga melibatkan fungsi level rendah yang memungkinkan bagi kita untuk membiasakan diri untuk memunculkan grafik mulai dari benutk yang sederhana sampai dengan tingkatan graphical user interfaces pada aplikasi MATLAB.
5.    MATLAB Application Program Interface (API), merupakan suatu library yang memungkinkan program yang telah kita tulis dalam bahasa C dan Fortran mampu berinterakasi dengan MATLAB. Ini melibatkan fasilitas untuk pemanggilan routines dari MATLAB (dynamic linking), pemanggilan MATLAB sebagai sebuah computational engine, dan untuk membaca dan menuliskan MAT-files.
C.  Tahapan Penggunaan MATLAB
1. Perhatikan Dekstop pada layar monitor PC, kita mulai MATLAB dengan melakukan double-click pada shortcut icon MATLAB
https://iikzvera.files.wordpress.com/2012/11/matlab_icon_by_ggmeza6.png?w=614
Gambar 1. MATLAB icon
2. Selanjutnya kita akan mendapatkan tampilan seperti pada Gambar berikut ini.
https://iikzvera.files.wordpress.com/2012/11/2.png?w=614&h=470

Gambar 2. Tampilan awal MATLAB

3. Sedangkan untuk mengakhiri sebuah sesi MATLAB, kita bisa melakukan dengan dua cara, pertama pilih File -> Exit MATLAB dalam window utama MATLAB yang sedang aktif, atau cara kedua lebih mudah yaitu cukup ketikkan type quit dalam Command Window.
4. Menentukan Direktori Tempat Bekerja
Kita dapat bekerja dengan MATLAb secara default pada directory Work ada di dalam Folder MATLAB. Tetapi akan lebih bagus dan rapi jika kita membuat satu directory khusus dengan nama yang sudah kita khususkan, semisal “Erva_manis” atau nama yang lain yang mudah untuk diingat. Hal ini akan lebih baik bagi kita untuk membiasakan bekerja secara rapi dan tidak mencampur program yang kita buat dengan program orang lain. Untuk itu, arahkan pointer mouse pada kotak bertanda … yang ada disebelah kanan tanda panah kebawah (yang menunjukkan folder yang sedang aktif). Pilih new directory, selanjutnya ketikkan “dargombes”, dan diikuti dengan click Ok.
https://iikzvera.files.wordpress.com/2012/11/3.png?w=614
Gambar 3. Membuat Folder baru tempat program.

6.  MINI TAB
A. Pengertian
                 Minitab memberikan beberapa keunggulan dalam mengolah data, saya membaginya kedalam dua bagian, yaitu keunggulan dari segi manfaat minitab, dan Keunggulan dari Segi Aplikasi Minitab.diantaranya:
B. Keunggulan dari Segi Manfaat Minitab
·       Minitab memiliki keunggulan dari pengolahan data stasistik khususnya Analysis of Variance (ANOVA), desain eksperimen, analisis multivariat, peramalan, Analisis time series,  Statistical process control, Analisis data kualitatif, Analisis nonparametrik, Analisis reliabilitas dan lain-lain.
·       Minitab memberikan fasilitas membuat grafik statistik secara mudah dan menampilkannya dalam bentuk lebih menarik, informatif, dan sekaligus menceritakan probabilitas.
C.  Keunggulan dari Segi Aplikasi Minitab
·       Minitab menyediakan StatGuide yang menjelaskan cara melakukan interpretasi table dan grafik statistika yang dihasilkan oleh Minitab dengan cara yang mudah dipahami.
·       Minitab memiliki ukuran worksheet dinamis dan memuat kolom sampai 4.000.
·       Minitab memiliki dua layar primer yaitu Worksheet (lembar kerja) dan sesi command (layar untuk menmpilkan hasil.
·       Tampilan menu di Minitab, lebih lengkap dan disertai toolbar-toolbar sehingga akan memudahkan anda dalam menjalankan perintah.
·       Mempunyai file Minitab Worksheet (MTW) dan Minitab Project (MPJ) yang digunakan untuk membedakan file worksheet dan file project.
·       Minitab menyediakan ReportPad agar mudah membuat laporan project yang telah dibuat.
·       Minitab memberikan kebebasan pada anda dalam membuat nama yang panjang pada file tanpa harus menyingkat nama file.
·       Minitab menyediakan fasilitas makro untuk membuat program yang berulangkali dipakai, memperluas fungsi Minitab, atau mendesain perintah sendiri. Selain itu Minitab memiliki Bahasa pemrograman makro lebih mudah.

D. Langah Kerja Peramalan Data dengan Minitab 16
Software Minitab dalam mata kuliah metode runtun waktu digunakan utuk mengidentifikasi berbagai Model Runtun Waktu Box-Jenkin’s dengan mengamati :
1.  Plot Data Runtun Waktu
2.  Pola Fungsi Autokorelasi (FAK/ACF)
3.   Pola Fungsi Autokorelasi Parsial (FAKP/PACF)
     Setelah mengamati 3 hal tersebut kita bias mengamati apakah data runtun waktu tersebut termasuk model ARMA atau ARIMA.
     Adapun Langklah kerja dalam Software minitab adalah sebagai berikut:
1.    Setelah layar minitab muncul, inputkan  data runtun waktu “Pembelian Ayam” dengan memberi judul di kolom C1 
2.    Untuk mengetauhi Plot Data Runtun Waktu pilih menu Stat. Klik sub menu Time Series - klik Time Series Plot, akan muncul kotak dialog sebagai berikut: 
     Selanjutnya muncul kotak dialog Time Series Plot-simple, pada Series inputkan C1 pembelian ayam, dan pada labels isikan judul untuk plot. Klik OK maka muncul plot seperti dibawah ini, amati hasilnya
3.    Untuk mengetahui  Pola Fungsi Autokorelasi (FAK/ACF) klik menuStat.  Klik sub menu Time Series, klik Autocorrelation… , selanjutnya akan muncul kotak dialog autokorelasi (Autocorrelation function) pada Series ketikan C1 pembelian ayam - klik Store ACF, pada title ketikkan judul  “Fungsi Autokorelasi Data Pembelian Ayam”.Klik Ok dan amati Hasilnya
4.    Untuk mengetahui  Pola Fungsi Autokorelasi (FAK/ACF) klik menuStat.  Klik sub menu Time Series, klik Autocorrelation… , selanjutnya akan muncul kotak dialog autokorelasi (Autocorrelation function) pada Series ketikan C1 pembelian ayam - klik Store ACF, pada title ketikkan judul  “Fungsi Autokorelasi Data Pembelian Ayam”.  
5.    Untuk mengetahui Pola Fungsi Autokorelasi Parsial (FAKP/PACF) klik menu Stat. Klik sub menu Time Series, klik Partial Autocorrelation…selanjutnya akan muncul kotak dialog autokorelasi parsial (PartialAutocorrelation function) pada Series ketikan C1 pembelian ayam - klikStore ACF, pada title ketikkan judul  “Fungsi Autokorelasi Parsial Data Pembelian Ayam”.klik OK dan amati hasilnya
6.    Dari pengamatan hasil output langkah ke 2, 3, dan 4 bandingkan dengan teoritik.  Bias disimpulkan model apa yang kira-kira bisa di identifikasi dari data runtun waktu, apakah stasioner dan termasuk model AR, MA, atau ARMA
7.    Jika dari langkah 2, 3, dan 4 menunjukkan bawa data tidak stasioner, lakukan penyelisihan pertama dengan cara:
 klik menu Stat, klik sub menuTime Series, klik Differences selanjutnya muncul kotak dialog (Differences), pada Series ketikan C1 data runtun waktu awal. Pada Store Difference ketikkan C4 (kolom tempat data selisih akan diletakkan), padalag ketikkan 1 (jika selisih pertama). OK  lalu amati hasilnya.
     Catatan : Untuk selisih yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan memperhatikan kolom tempat selisih akan diletakkan dan selisih yang diinginkan.
8.    Untuk melihat model data selisih dilakukan hal yang sama seperti pada lagkah ke-2, 3, dan 4 tetapi dengan time series yang disesuaikan, selanjutnya amati apakah termasuk model ARI, IMA, atau ARIMA
9.    Langkah selanjutnya setelah mengidentifikasi Model adalah estimasi parameter pada model ARMA(p,q) dan ARIMA (p,d,q) Amati FAK dan FAKP nya, identifikasi model ARMA(p,q) yang sesuai,
     Lakukan estimasi parameter, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Klik menu Stat, Klik sub menu Time Series, klik ARIMA, lalu akan muncul kotak dialog ARIMA. Pada Series ketikkan C1, pada nonseasional isikan sesuai dengan identifikasi yang telah dilakukan.
     klik OK dan amati Hasilnya pada final estimate
     periksalah:
     Nilai parameter beserta SE nya, uji keberartian koefisien
     Nilai rata-rata beserta SE nya, uji keberartian rata-rata.
     Nilai konstan beserta SE nya uji keberartian nilai konstan.
10.  Untuk menentukan nilai estimasi variansi sesatan, lihat pada residual, gunakan rumus (SS-MS)/DF atau dapat juga ditentukan dengan cara:
     Pada langkah ke-8 lanjutkan dengan klik storage: klik residual isikan kolom dimana data tersebut akan disimpan. Dari data residual dapat ditentukan berbagai nilai statistic termasuk variansi. Caranya klik calc, klik column statistic pada input variable isi dengan kolom dimana data residual disimpan. Klik standar deviasi. Klik OK, nilai variansi sesatan diperoleh setelah nilai standar deviasi dikuadratkan.
11.  Setelah melakukan Identifikasi dan estimasi parameter untuk berbagai model ARMA dan ARIMA, selanjutnya adalah tahap verifikasi (Uji Kecocokan ) Model dan Penggunaan Model yang paling cocok untuk peramalan.Ingat kembali model yang diidentifikasi untuk data runtun waktu pembelian ayam. Setelah dilakukan estimasi amati nilai koefisien, rata-rata, juga nilai konstanta beserta 2SE dari masing-masing nilai tersebut.
 Caranya yaitu klik menu Stat- klik sub menu Time Series, klikARIMA, isi sesuai dengan identifikasi yang telah dilakukan. Jika pada langkah 10 memberi kesimpulan bahwa koefisien cukup berarti (tidak berbeda secara signifikan dengan nol), lanjutkan dengan uji kecocokan dengan langkah lihat Chi-kuadrat hitung dari langkah 11 (nilaichi-square pada output) dengan Chi-kuadrat tabel (bisa diperoleh dari software Microsoft Excel) untuk berbgai lag. Bisa juga dengan menggunakan kriteria Tolak H0 , jika Pvalue < alfa .Setelah diperoleh model yang paling memadai untuk data runtun waktu pembelian ayam, kita dapat menentukan ramalan beberapa langkah kedepan dengan cara: klik menu Stat- klik sub menu Time Series, klik ARIMA, isi sesuai dengan model yang paling memadai, klik forecasting. Akan muncul kotak dialog ARIMA-forecast, isikan pada kotak Lead banyak periode yang akan kita ramalkan. Pada kotak Origin inputkan jumlah data asli keseluruhan.
12.   Klik Ok dan Amati Hasil Peramalan

7. SPSSS
A.  Pengertian
SPSS adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk membuat analisis statistika. SPSS dipublikasikan oleh SPSS Inc.
SPSS (Statistical Package for the Social Sciences atau Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi pertama dirilis pada tahun 1968, diciptakan oleh Norman Nie, seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Stanford University, yang sekarang menjadi Profesor Peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago. SPSS adalah salah satu program yang paling banyak digunakan untuk analisis statistika ilmu sosial. SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistika, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) juga merupakan fitur-fitur dari software dasar SPSS.
B.     Sejarah
Jika pada mulanya SPSS dibuat untuk pemecahan masalah statistik pada ilmu-ilmu sosial, maka dengan semakin populernya program ini. Sekarang SPSS bisa diaplikasikan pada semua bidang. Saat ini lebih dari 250.000 perusahaan dan jutaan individu di dunia dalam berbagai bidang menggunakan SPSS dalam proses pengolahan data statistic, menjadikan SPSS program computer statistic yang paling laris dan popular di dunia.
Pada awalnya, sebelum diberi nama Statistical Service Product Solutions, aplikasi ini bernama Statistical Package for the Social Sciences yang dibuat pada tahun 1968 oleh Norman Nie, seorang mahasiswa lulusan fakultas ilmu politik dari Stanford University. SPSS sangat berguna bagi ilmu sosial di era tersebut, dan digunakan untuk analisis pasar, penelitian kesehatan, survei perusahaan, dan masih banyak lagi. Nie, bersama kedua temannya, Hull dan Bent segera mengembangkan program yang dibuat mereka yang pada nanti akan digunakan dalam penelitian atau analisis. Asal-usul ketiga orang ini sangat berlainan, Nie, yang berasal dari ilmu sosial dan doctor di Stanford, lalu Bent, yang merupakan seorang doctor berasal dari bidang komputer, dan yang terakhir adalah Hull yang berasal dari Stanford dengan master dari bidang bisnis administrasi.
Setelah lulus pada tahun 1969, Nie bergabung dengan Universitas Nasional Chicago yang bergerak dalam bidang penelitian. Universitas Chicago menganggap SPSS merupakan program intelektual yang sangat penting, dan mengajak Nie untuk terus mengembangkan program software ini. Nie berhasil mengajak Hull, tetapi Bent menolaknya dan kembali ke Kanada untuk melanjutkan studinya di Universitas Alberta.
Tahun 1971 Nie membangun sebuah perusahaan kecil yang bergerak dalam bidang SPSS. Untungnya, pada saat itu SPSS sangat diperlukan, sehingga perusahaan tersebut bertumbuh dengan cepat. Pada tahun 1992 telah diciptakan sebuah program SPSS untuk perusahaan Microsoft Windows. Semenjak saat itu, SPSS semakin meluas dan banyak kegunaannya dibidang ekonomi.
Statistik yang termasuk software dasar SPSS:
·         Statistik Deskriptif: Tabulasi Silang, Frekuensi, Deskripsi, Penelusuran, Statistik Deskripsi Rasio
·         Statistik Bivariat: Rata-rata, t-test, ANOVA, Korelasi (bivariat, parsial, jarak), Nonparametric tests
·         Prediksi Hasil Numerik: Regresi Linear
·         Prediksi untuk mengidentivikasi kelompok: Analisis Faktor, Analisis Cluster (two-step, K-means, hierarkis), Diskriminan.
Berbagai fitur dalam SPSS dapat diakses melalui menu pull-down atau dapat diprogram dengan bahasa perintah sintaks proprietary 4GL. Pemrograman perintah sintaks memiliki keuntungan di bidang reproduktivitas serta pengendalian manipulasi data kompleks dan analisis. Perhubungan menu pull-down juga menghasilkan sintaks perintah, walaupun pengaturan awalnya harus diubah terlebih dahulu agar sintaks dapat dilihat oleh user. Program dapat berjalan secara interaktif, atau tanpa pengendalian menggunakan Fasilitas Kerja Produksi. Sebagai tambahan, bahasa makro juga dapat digunakan untuk menulis perintah subrutin dan ekstensi program Python dapat mengakses informasi di dalam kamus data dan data, kemudian secara dinamis membuat program perintah sintaks.
Ekstensi program Phyton, yang diperkenalkan pada SPSS 14, menggantikan skrip SAX Basic yang kurang fungsional, walaupun SAX Basic juga masih dapat digunakan. Ekstensi Phyton menyebabkan SPSS dapat menjalankan statistik mana pun dalam paket free software R. Sejak versi 14 dan seterusnya, SPSS dapat diatur secara eksternal melalui Phyton pada program VB.NET menggunakan “plug-ins” yang telah disediakan.
SPSS meletakkan batasan-batasan pada struktur file internal, tipe data, pengolahan data dan pencocokan file, yang memudahkan pemrograman. SPSS datasets memiliki struktur tabel 2 dimensi dimana bagian baris menunjukkan kasus-kasus (seperti pribadi atau rumah tangga) dan bagian kolom menampilkan ukuran-ukuran (seperti umur, jenis kelamin, pendapatan rumah tangga). Hanya 2 tipe data yang digambarkan : numerik dan teks (string). Seluruh pengolahan data dilakukan berurutan kasus per kasus melalui file. File dapat dipasangkan satu per satu atau satu-banyak, tapi tidak dapat banyak per banyak.
User interface grafis memiliki 2 jenis tampilan yang dapat dipilih dengan cara meng-klik salah satu dari dua tombol di bagian bawah kiri dari window SPSS. Tampilan ‘Data View’ menampilkan tampilan spreadsheet dari kasus-kasus (baris) dan variabel (kolom). Tampilan ‘Variable View’ menampilkan kamus metadata di mana setiap baris mewakili sebuah variabel dan menampilkan nama variabel, label variabel, label nilai, lebar cetakan, tipe pengukuran dan variasi dari karakteristik-karakteristik lainnya. Sel-sel di kedua tampilan dapat diedit secara manual, memungkinkan pengaturan struktur file dan pemasukan data tanpa harus menggunakan sintaks perintah. Hal ini cukup untuk dataset-dataset kecil. Dataset yang lebih besar, seperti survei statistik, lebih sering dibuat menggunakan software data entry, atau dimasukkan selama computer-assisted personal interviewing, dengan pemindaian dan menggunakan software pengenalan karakter optikal, atau dengan pengambilan langsung dari kuesioner online. Dataset-dataset ini kemudian dimasukkan ke dalam SPSS.
SPSS dapat membaca dan menulis data dari file teks ASCII (termasuk file hierarkis), paket statistik lainnya, spreadsheets dan database. SPSS dapat membaca dan menulis ke dalam tabel database eksternal relasional melalui ODBC dan SQL.
Output statistik memiliki format file proprietary (file *.spo, men-support tabel poros) yang mana, sebagai tambahan atas penampil dalam paket, disediakan pembaca stand-alone. Output proprietary dapat diubah ke dalam bentuk teks atau Microsoft Word. Selain itu, output dapat dibaca sebagai data (menggunakan perintah OMS), sebagai teks, teks dengan pembatasan tabulasi, HTML, XML, dataset SPSS atau pilihan format image grafis (JPEG, PNG, BMP, dan EMP).
Modul-modul Add-on modules menyediakan kapabiliti tambahan. Modul-modul yang tersedia, antara lain :
  • SPSS Programmability Extension (ditambahkan pada versi 14). Memungkinkan pemrograman Phyton untuk mengontrol SPSS.
  • SPSS Validation Data (ditambahkan pada versi 14). Memungkinkan pemrograman pengecekan logistik dan pelaporan nilai-nilai mencurigakan.
  • SPSS Regression Models – Regresi logistik, regresi ordinal, regresi logistik multinomial, dan model campuran (multilevel models).
  • SPSS Advanced Models – GLM yang bervariasi dan ukuran-ukuran yang diulang (dihapuskan dari basis sistem sejak versi 14).
  • SPSS Classification Trees. Membuat diagram klasifikasi dan keputusan untuk mengidentifikasi kelompok dan memprediksi perilaku.
  • SPSS Tables. Memungkinkan kontrol user-defined atas output laporan.
  • SPSS Exact Tests. Memungkinkan tes statistik atas sample kecil.
  • SPSS Categories
  • SPSS Trends
  • SPSS Conjoint
  • SPSS Missing Value Analysis. Imputasi simpel berbasis regresi.
  • SPSS Map
  • SPSS Complex Samples (ditambahkan pada Versi 12). Diatur untuk stratifikasi dan pengelompokkan serta pilihan pemilihan sample lainnya.
  • SPSS Server adalah sebuah versi dari SPSS dengan arsitektur pengguna/server. SPSS Server memiliki beberapa fitur yang tidak tersedia pada versi desktop, seperti fungsi penilaian.
C.     Tahapan mengolah data dalam SPSS
Memulai SPSS Tahap 1
Start SPSS
Klik Start → All Programs → SPSS for Windows → SPSS 13.0 for Windows (sekarang telah keluar versi barus yaitu versi 15)
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgLBgjl_5aBt3Mvps1tcp_P9w7YhByoijjK4LvCNhYBsRFp6G7hlAb38Bg2lzFoj2VIWaBDSEp2Qrk9NNLesEzA4Q0ug1-Z5jAmSNKMKU38TdGRuhpiSz4hyphenhyphenMe7W6jD7MiFF6JYFIV6p2smRdsjnaebKswnaUvUwyVnC6d3vsfWlFom-4Ilmi8sUCLkiw0u74L_Dg2ETZmFwA=s0-d


Setelah selesai akan keluar jendela (pop up windows) yang menanyakan ”What would like to do?” dimana ada 6 pilihan, apakah masuk tutorial SPSS, membuka data editor, membuka data base query, membuat database query baru, membuka file SPSS atau pertanyaan yang terakhir apakah anda akan membuka file lain diluar file SPSS . Karena kita baru mulai, maka kita pilih cancel atau klik radio botton Type and data. Untuk keseragaman pilih cancel.

Gambar spss untuk windows
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEijYy0ndibA-KCM69rNXOm8Eqx8ngqkV-qST2E9GlD0tbxGSI0IqK7Z7OCt_5i4iFM-F0NHOiSpit4BFhdc1s5-1GRl38ev62miaT4zz7YjwGOdUzuXRlukXXfHld9giYwnwufxrwUjYl3Kqrhc1BEzyQxgsgYEaxpTx7wT5m9X9SqZmtoV5nRHtCSgr-xq3Ky-1hpqZ3roUA=s0-d



Setelah meng klik Cancel maka keluar yang disebut dengan SPSS Data Editor

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhqojRL54zcXTuVH7M8phdoVphgqAFisrAwCrocIgbVD2gx4etVCmfhxQkoJmFCkDNpmZJ-NEUMexR9pij1Rj-_6mm0pwMBTl2fx1vjBtzN6W__7tj4ZyCd3z7U2hq23J69NdPlanc-4_xXaazjxoTfTnulypDeRHcTF6DUs6BTrdYU0SZWY8PcuUNqFGCWzc8X0yPv_k0X-w=s0-d

Gambar 4 spss untuk windows
Mengenal Spss data editor
Dalam SPSS Data Editor terdapat tersususn dalam 5 komponen utama, yaitu:
1.      Baris menu
Jika menekan atau klik salah satu menu pada baris menu untuk menampilkan daftar menu yang mengandung serangkaian perintah. Pilih sebuah perintah dengan mengklik pada perintah tersebut. Sebuah perintah yang diikuti tanda ► (seperti misalnya New ► atau Open ►) akan menampilkan jendela pilihan yang disebut dengan istilah kotak dialog. Kalau tidak ada tanda ►perintah akan langsung dijalankan.https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgCLcXXSnKyb7hSJepc8878BUF92qdnuCmDcLo2gEB5W2nwPHiZPAwqBsWluHb_j762sjZPpapsjv9MuR3OxpALBAL-1dP3dv6oRMbJyettK-T24jk-lNI8y7mvuS8uPKKXXo3fauIm0bNgP4TVo_GWE7qbXFw25anXihY8cn2EmKtxvFITT5L2okKElA7VRGHv9UCqaHG2pStnH1ga=s0-d

2. Fungsi menu-menu

Menu file berfungsi untuk menangani hal-hal yang berhubungan dengan file data, seperti membuat file baru, membuka file tertentu, mengambil data dari program lain, mencetak isi Data Editor, menyimpan file dan lainnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEh9VN5ExVZsFX9sUj3Dt42mIjAJmQNf8cZSQdIl8ODRLWKiByIA-0AwHn0ls1YPqG7kesE-0M7aRKPB31rslCtG44Mc4c5PuGw8B4pW1IqaYdicJhezYh9uGfFghXBzjDYdvjlMnzcdhgMgAvNz-PhfQ6wTI_v4_nL0pnOlurjRB2115DnO46CZJXVIgN381ccaahdz-6n6Rz6wQB4=s0-d

  • New ►Data: Membuka jendela dokumen data baru bertipe SPSS (*.sav).
  • New ► Sytax: Membuka jendela dokumen sytax analisis data yang baru sesuai forrmula yang kita inginkan {SPSS Sytax file (*.sps)}. Walaupun SPSS sudah menyediakan berbagai macam pengolahan data statistik secara memadai, namun ada beberapa perintah yang hanya dapat digunakan dengan SPSS Command Langauge. Perintah-perintah tersebut dapat ditulis pada menu Syntax Editor. Contohnya adalah perhitungan analsis canical corelation.
  • New ► Output: Membuka jendela output viewer yang baru bertipe Vewer file (*.spo).
  • New ► Draft Output: Membuka jendela dokumen tapilan output SPSS selain dokumen output viewer. Dokumen ini bertipe Draft viewer file (*.rtf). Fasilitas ini berguna untuk memudahkan pengiriman output SPSS lewat e-mail karena file akan lebih kecil
  • New ►Script: Membuka dokumen atau file script yang baru sesuai formula yang kita butuhkan yang bertipe *.sbs.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhuuOD6ByVTJawViOLZ__rP0pjvnXGSXSKFBEW_Cwv3UmPC9K6yY-yDCACHfuUmPMWp6Faebkl_7aOoHeIDg5U8YAnPvma9kMsGM0QIu-6TVrhTrCuA8oXp0SQtG_a_Gnw1vPn3X5_O2GixwmiCvaM8dFx3RLv_tVTb1yRy3bxMTAFWgmdjsacfYbn8MIkghA9_2OeyQYDj46SHn7p2pzBp=s0-d
  • Open ► Data…: Membuka file data yang telah disimpan di harddisk dengan file extension *.sav untuk SPSS dan yang lainnya
  • Open ► Sytax…: Membuka file sytax yang telah tersimpan di hardisk dengan file extension *.sps untuk SPSS dan yang lainnya.
  • Open ► Output…: Membuka file data output SPSS yang telah di simpan di hardisk dengan file extension *.spo dan yang lainnya
  • Open ► Script …: Membuka file data script SPSS yang telah di simpan di hardisk dengan file extension *.sbs dan yang lainnya. Other. Berarti membuka Data atau output yang telah tersimpan sebelumnya.
  • Open ► other …: Membuka file selain file SPSS yang diijinkanhttps://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjHvtK4abGSz9Qlcr0YNtFvXir6lp0JwbOTRGi-SLEOtTKyelqVTowXffcuw66jaSEnolZFhzRi3U_Qb686RIH2O9Pr4gp_j1s503d2TILOXlVALiYSat1B14bWlLknbNCVi7xnxbxprgmdH1KHdaI5wE8XslVBCQbR9IOrkz4KDQGv_W4SVxTJNfLVM_tWizj5oye4UXi68w1HsoBJxOdT=s0-d
  • Open Database ► New Query …,: Membuka data selain format SPSS yang diizinkan, yaitu: dBase file, excel file, Global Car adan Ms Acces database.
  • Open Database ► Edit Query …,: Digunakan untuk membuka query dan mengedit query yang telah tersimpan sebelumnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjWPvObHm8eD8yRvnySlcAsHLidPDsZuaVbPMTkyNpkmxYDkrBB8hDlXqXqyLV0crDxGs4oemPtDCSClv1cG0f3E4SPcENtyomRpyqZAAI1W2oijWOgITLkW3KKhfoOBqTyDz7nTecSB4br5LNYjYcy2czHIUqN1dedxpFuShvQSOgiuLwIFllHH7BlkysZeZJjD4GGjxrEoyQuK_Yz_7Bx3veI1rbvUKe2Qt1Z=s0-d



  • Display data information ► Working file : Digunakan untuk mengetahui format data sedang dikerjakan
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjN_Etl38mtzYce4YVhcenK_fQmqol2fU-ofQXxTZaudDrrJrigi_tyttNGNjDkwF0bgJeGSyDs2-STlNptRbMLcw30UPna8Sxzc8CLQMySDVMIWNwgtj3dcnwpzcBMrZP1ANucaDezLNOcAPXbtH60B69Y2MZ_9R1fzKgUogUN5P-15oPERvLHAj8H2HwF4XlXcbmjjvfVKz_1lwbj5M58tpv3lxwOV52brIs8By_BB5A5Cm-vKg=s0-d
  • Edit: Berfungsi untuk menangani hal-hal yang berhubungan dengan memperbaiki atau mengubah nilai (menduplikasi data, menghapus data, mengedit data, dan lainnya)
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEizZQSnXK8vsJ1x6q6SK-3_ywb0pL24r7eeg719fwcfBuWHBoiuTPeweYJn9yPH1IrrTxOT52i8EslASo_sERvnKuaP-pDYBivT3LnNExQzX8dA5-E6gSnKF2_jRabOlU3EGGnIJhQtmpcOmfpbaIPrtY5qfxHQ_5vycdWrwDAogt5wTaLA0GN47WlWu9pPbCNi2sxZj3kUtXSE93M9=s0-d
  • View : Menu View berfungsi untuk mengatur toolbar (status bar, penampakan value label dan lainnya).
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjxrkHBZMupoL7dv58gE2I8cDTTO0nx1kvsCXkAq6cE3c7baWh-638_lx9ObpKdAtreFrQriiXA03pkYlawGL4InBFCMEowDOzKYsgmBkhuSamQZvysDsZ9BpfS1Y3T_P_NkP4qN6MDzXjShugRB5cd1yrhUof0LKlqamIo5AmkkQuG18wpCS4q0buNWtWSeHA6_bMUJcJOD_VDa-xw=s0-d



  • Data: Menu Data berfungsi untuk membuat perubahan data SPSS secara keseluruhan, seperti mengurutkan data, menyeleksi data-data berdasar kriteria tertentu, menggabung data dan sebagainya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhpLhGhtNcMD7flBJAJqBmX4aS6Dfu_iTorIO_J1fXLywk8v_wmWGOJFOLJyv_cRzF2WSmX7CbcwgnxuvCu5y-DtvnVi0sRjl7q9acHEiNvopabhE-KwhNBp5YlZ9183IQHXOsAZ2GOgv7cHuumPdL9gg8hwM3MIQijGhbWGfJ9c038Qz-CA_mAll-RBji5Lt5WWbpO1Sc1YWkirSv88w=s0-d
  • Tranform: Menu Transform berfungsi untuk membuat perubahan pada variabel yang telah dipilih dengan kriteria tertentu
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEh_lvXYVkOtMTs_pN-CKku5Iq_W3e_HG6dZj0b6Xjw7wf6uB2b2QDQijP04X8NMmVd6fgZYkBRsgjWppziiZJolPQTu-L2KY8KH-Z9TH9CBdpVM4b2Kpug1vFZww7xqkZ3xDdvg3_tGy-KEzPvrMwLTk2X5sGyUFk3KND-FpmClHVD5WKALD5rRobqQud6pyjfMbBiFSemh6a33no8ooK7iG_Y=s0-d
  • Analyze : Menu Analyze merupakan menu inti dari SPSS, yang berfungsi untuk melakukan semua prosedur perhitungan statistik, seperti uji t, uji F, regresi, time series dan lainnya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjwMCldutNDoDDq1BM1SnSxbHJHa2UdlIsQ0M560HV9itQAx4psDxzUxe48hWQNrkfw3aigKqMx2zlpgKTZ7sRsu8ymH5mNtqNBHHno28qj9Ft5sDIxXBQpw9jssObZrBGE1bKMKBCpCF4FETh-EpLG96g3CteokZjQbikx7zBc3Q_Go4MWTwSDse_wO0mPg8ouef5rdazGYJBV_UMT7znK=s0-d

  • Graphs: Menu Graphs berfungsi untuk membuat berbagai jenis grafik untuk mendukung analisis statistik, seperti: pie, line, bar dan kombinasinya
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEggpdJs77nM4ArRXI9MPEAIBiXk277h2oUoAifS1Qi86qSzARIzC-gWe2IQef3kYkGLlddx0IIx0e1jOtYP3IX79UUo4k-ExdZX33jvqEirENXSjl0DBCh0RQp91SkX-r4pLKRHkAgjd4txja5Mmt2H19yxNTF2nBFx9dqsq5l2WLNthFtnRZHoIWyxbSglxhIUR7QA9lJHLzVTzajhUmk=s0-d
  • Utilities: Menu Utilities adalah menu tambahan yang mendukung program SPSS, seperti: memberi informasi tentang variabel yang sekarang sedang dikerjakan, menjalankan Scripts, dan mengatur tampilan menu-menu lain.

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhTZJvOb4EkCBQtJKT7LNPiuf0qDpwTlSTbEeOlHLSCRr-VdNBnoqKJ9kEfXbPz6R5nHwQ3RGR3c7TnRmfm1VfOUHhy-lSszWQ_NFYjeSjM6dNlFa76uYKXo4xKe61-Oe2Fcsr_0ViJai42-Ab4nLB6kUevGsWZx9wLKD6xVgI44oPbqp0rI6kgYc19dperacWOboffVXzJAAPKqQskTJO-lCFZ=s0-d

  • Add-ons: Menu Add-ons adalah menu tambahan berupa fasilitas aplikasi dan service yang disediakan oleh pembuat SPSS, yang hanya didapat jika computer terhubung dengan internet dan memakai software yang legal.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhtFJHyO7w6i4i8joe1NKyMWy9iZ6cfP_8PXJUEc00LAUypsZk825HMbGMSPXnpIiIaSVCTR3Gdv8VcmttovNo1PYuvdpD0-nF8ChMGQSdCnJT619ssmw4T3w-x2jRi39HDWu9p2DYjj6BeAee48eO3LHGO4q-ZKRcOyMaNlwB4ZDMYa0fagQvxcNOVgbEGkstl_5Ie-_Uzgi2htLYxEv8=s0-d
  • Windows: Menu Window befungsi untuk berpindah (switch) diantara menu-menu lain yang ada di SPSS.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhollgl39D1jKPkxKycbIjpMxwv_0dz0dhVsDAEJpfWr24k6GPPx8ngtjI6Kh_7iU2jtBebNOVnuqX3acbfsSG_wFjiwAjUVQwke2YXuAfsKU8CXYXQwNOIl1Ev1l_gFHOq_JyiC-O2IVjWrtO1YhNLqwGTIkHIAl3yMVJ0JZpgo8laCmD2gbZ0GLvXzKcpjd64H-JuAHXUOAk8EaS9XgqP=s0-d



  • Help: Menu Help berfungsi untuk menyediakan bantuan informasi mengenai program SPSS yang bisa diakses secara mudah dan jelas secara offline atau online jika memungkinkan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgP1C1wVZkG7eqDXG52z8qmzJ6u810U2xgTxs9ZR_VhJkdpMvdgr70B2waZCDZ31J8ibS1KVUGkJ9m6iyCO9KZPD4gYTkntIa-cO_ebYirV2M0E5kZaXzi7srHbxAYxAHpUuSIDT0DJsyrP9bZTvvlfuq_4dpYWSvGK46L7mwU5wTEuZBrkT0zGqYHZ-CPLCjeSm1zE7m9NPTGAEefl=s0-d

Memulai SPSS Tahap 2
1.    Baris pilihan
Baris pilihan ini merupakan fitur yang ada pada baris menu di tampilkan pada baris pilihan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEirCIdiJ2YnzWKV6t7Ag0ywmb-PBJtjQJmpIlHdoM6FsqXrC2tOX9eyI9Y84CvNPOlqaRofAx_WE6dPSQ1LnZb79YI5ryjrxKoiOc2aPmjcotiLkIcwHqWU29bSDoQVzT5CPhJDUTsN3dNq01ZjfJ3zZR2k2Ui5pGfyo0dFoKASTUY4rZetyVaM3rO80VA1MNgSUOOj7xu6RY5F4vo7xFqc=s0-d


2. Data view

Data view merupakan spreadsheetnya SPSS sebagai tempat menyimpan data dengan ketentuan bahwa baris menandakan kasus atau objek observasi, kolom menandakan variable yang diukur dan sel-sel data view adalah tempat dimana nilai data dari variable setiap kasus disimpan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhBsC3DMkIxhGmb6CS07jfz_oC5hC2EPiTNT8qOMzqs3yOatBJjeRT63kEQ79c7irLEY0jbMyqMmb_7E2P7dbqjNzMOqicocqVDdEL7x8Bc16IZRoudECZNfUQKQSD7xEEaTZPAlmRO79pT1xTzfIMemmxzlkU3FvgnowZGOybVv4UcxTSHZ0dMkUeQTsR1XEttSKhzYmCdhmxWPVMx=s0-d

3. Variabel view

Variable view merupakan tepat pendeskripsian sifat-sifat dari setiap variable yang akan dimasukan. Baris menandakan variable dan kolom merupakan atribut dari setiap variable yang berupa nama variable (variable name), tipe data (data type), banyaknya karakter yang dimasukan (number of digits or characters), jumlah angka desimal yang akan ditempatkan (number of decimal places), penjelasan setiap variable dan nilai setiap tandanya (descriptive variable and value labels), tepat pendefinisian angka yang hilang (user-defined missing values), lebar kolom (column width) dan jenis/level data (measurement level).
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgVw3eNn_P4KIu431PRNdkhMAN0noXrfiHumJ72Y0hd7X_gl6R98wfP5a3jeLeO3D_14KEgB-oau38b1553S7WLMTrerCl5qAIuaIxklk3YESjVapvIq1fZG7o7sQIp5YZmRCIEQeb7CitAWuNcTwlkQGZND6n_XE4Te5a8IU8R_CYrayvC9sku6TY4BdRR_UpFL1W_cz6zdgPIu4H_FzCk0w=s0-d



4. Variabel name

Sel pada variable name adalah tempat penamaan setiap variable yang datanya akan atau sudah dimasukan dalam data view, dengan aturan:
  • Awal penamaan variable harus dengan hurup bukan angka atau simbol
  • Apabila dalam penamaan diperlukan lebih dari 1 kata harus disambung (tidak boleh ada spasi)
  • Banyaknya karakter/hurup tidak boleh lebih dari 64 byte/64 karakter ( English, French, German, Spanish, Italian, Hebrew, Russian, Greek, Arabic, Thai)/ 32 karakter ganda (Japanese, Chinese, Korean)
  • Karakter khusus “!, ?, ' dan *” tidak dapt digunakan dalam penamaan variable.
  • Setiap nama yang dimasukan tidak boleh ada yang sama (harus unik).
  • Kata-kata logika dalam pemograman yang ada dalam SPSS tidak dapat digunakan dalam penamaan, seperti: ALL, AND, BY, EQ, GE, GT, LE, LT, NE, NOT, OR, TO, dan WITH.
Penamaan dengan menggunakan hurup “BESAR” akan ditampilkan dalam hurup “BESAR” penamaan dengan hurup “kecil” ditampilkan kecil tetapi tidak membedakan.
5.      Variable Type. Sel type variable adalah tempat mendefinisikan tipe data dan sekaligus dapat mendefinisikan banyaknya karakter data dan nilai decimal yang akan diperlihatkan dalam data view. Secara garis besar, apakah nilai data yang kita masukan termasuk pada data angka (numeric, dot, comma, Scientific notation, Date, Custom currency) atau hurup (string). Secara defaut jika kita masukin angka pada data view maka kolom ini aka berisi data numeric.

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEid1U_KHEcWJ04Mf8ae9HQ_t-n8pQ2pWBOVUx4hbCBDK7mi0oyrd8pXbAOCK6TacpT7cixgPxnJm3lUClpVfG7F4x5SCj-ctHvhff1jkrpnx5P_n9iIi8JTNqiT2l1SXgUy8YETeChRp_TxzoxlpoN-XGdWlzBN2eV1FO08fpj4Myy5-iPTRHkNtZF9N4e9_v-XtnoCV5OKaSipnci6qN8B4Q=s0-d

4. Comma

Suatu variable numeric yang nilainya akan diberikan koma pada setiap 3 angka (ribuan), misal 1000 diperlihatkan sebagai 1,000.00
·         Dot. Suatu variable numeric yang nilainya akan diberikan titik pada setiap 3 angka (ribuan), misal 1000 diperlihatkan sebagai 1.000,00
·         Scientific notation. Suatu variable numeric yang nilainya akan diberikan tanda E. Misal angka 1 akan menjadi 1,00E+00
·         Date. Suatu variable numeric yang nilainya diperlihatkan satu atau beberapa format kalender atau format waktu.
·         Custom currency. Suatu variable numeric yang nilainya sesuai dengan format yang diminta dalam kotak dialog.
·         String. Nilai yang bukan berupa angka sehinga tidak bias dilakukan perhitungan
5. Variable Width
Variable Width adalah tempat untuk mendefinisikan banyaknya karakter data numeric atau string yang ingin ditampilkan dalam data view. Secara defaut kolom ini akan berisi angka
6. Variable Decimal
Variable decimal adalah tempat kita mendefinisikan banyaknya angka di belakang koma yang ingin ditampilkan di data view.
7. Varible Label
Variable Label digunakan untuk membantu menerangkan tentang nama variable yang kita masukan dalam SPSS. Ini juga akan membantu dalam membaca/interpretasi output hasil analisis.
8. Data Value
 Data Value adalah tempat untuk mendefinisikan nilai label data numeric dalam kategori tertentu. Contohnya dalam memasukan data nominal atau ordinal. Misalkan kita akan memasukan nilai 0 untuk laki-laki dan 1 untuk perempuan maka data yang kita masukan adalah data numeric berupa 0 dan satu dengan nilai 0=”laki-laki” dan 1=”perempuan” dalam kolom value ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjjGqkD73SGp5fZlxEj37H5LilVeFEn5Kr8oQjxSblo4PRGBVg52p7pddb9HceFVLZO2Ic-t32eR3B_9sd_t_H9CjXQtiwYbiLt7EybORQolpPQZmqwhGlztjlV1ox6utXzpKTG_ycmThy1okCaXF1eZD5DTVJU872Q6S7qIkrOcREXjI4ucWYuOXI30IZCpUkDArhyphenhyphen4u_fUEAwd2sfXe9U=s0-d

9.Missing Values

Missing values digunakan untuk mendefinisikan data yang hilang menurut spesifikasi yang kita inginkan. Hal ini sangat berguna ketika ada informasi atau nilai data yang hilang sehingga dalam hasil analisis kita tidak harus mendefisikan kembali.

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEioCOA4QG9U7_hfwUrvjmUyuAL24NRDILoRQBeJm703uFNv_HcW305NghU2ghWk9t3GVQLlop1kBE9TIrguwuHmxlBspZ11lzzelrI_E3fKby351mmwrL3fduvF6AOP1W5Np5Kg8pIF5GUhpGWULtXtgjRu0OL-hG3UU_A8m8mw16LKxfZqmQlHGHYfFpCRmz-9YdPH4JNFdeX-Q2zCiCjxNnY-=s0-d


10.Variable Columns

Variable columns adalah tepat untuk menentukan lebarnya kolom yang akan ditampilkan di data view.
11. Variable Align
Variable align merupakan tempat untuk menentukan posisi tampilan data di data view. Apakah rata kiri (left), rata kanan (right) atau terpusat di tengah-tengah (center), tergantung keinginan kita.

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgjWqPHDA-bPhOiS0cHtr9JDu1xFbQjeGyKmnFtJVDOnttVLhI1LzabaqP-Ca6VUY0VZZrDzR5IkktR2bvXpYyhe9MdHJf900Y3Ae7Ny6MMdbhXJRIlah-G-Mi_DcWwrjg7ePJCA3je-IZxCb82Ia9CPBdNgEXSrDTxE_s9P3p2HHdJovbxtKxCuZx7rSPEIwDC7qZCEYn7x6geNLhBYn0iDQoA=s0-d


12.Variable Measure

                 Variable measure adalah tempat untuk mendefinisikan data yang kita masukan apakah data nominal, ordinal, atau scale (interval dan rasio).
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhIxb8aukuYREaB5BEu8AhvLG4100Rou7XbmrdCVxsRQ_lhRqCmpxTdlKBaCRUiiTI4BNnYR0zOAckwtsUk1J0czv5A-sFga__6q71uevv8hGBoBoG0Cm-mi4iVTZF1-5A_SsVvxoJhlsQuhwczovkyzwhYyjKAVCldo2DxptTfAt5_BeW8MuYE1P84pruaaj11Ztz-3O8YJ6kOgwyLTp_i-tn7Edw=s0-d



Memulai SPSS Tahap 3
1.      Mengenal Output-SPSS Viewer
Output-SPSS Viewer merupakan tempat dimana hasil analisis di perlihatkan dan disini juga Anda dapat mengedit hasil analisis sesuai dengan kebutuhan untuk interpretasi nantinya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhG4a3rFBw8jK1nsKwBR6l9LNGNiJ-mKdKC2xtlW3U5PzD3Dcp0XB7xakLg__Pw7wwCnLZBCZUG8qO8PycRkQecfP6sMoKUP1Og0FUUh824JaU3hg4RQ2s3lDEoi-XrD_YeXFoeMbP_3Z47ZDph3rGAU5TvZK0fUQkZaEnXmCUh6BZX8asmDcP9b_tuf9d-F18vhG4XShaWSZyAwvpsWzLj=s0-d


2. Mengenal Syntax Editor

Syntax editor merupakan tempat untuk menulis SPSS Command Langauge yang digunakan untuk menganalisis data dari metode yang tidak tercantum dalam menu analyze.

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgi6LK8z4QUhO29OZoGlM02UZ6n1H-ql_YSiG6zwBCHYtroVJ3apBXzOWnSPDtBUh6BMvCW1RAKADEioYYPe03y4DRq5Bl9eQN_O2ZG8HjFYhE53bVipFTXmt6skM95IzwZsExyr9Ox2DWnTVZ8E1WrDhN3qTLdUXp6hz4fh45OUogHqdc1wZpLNRMKNYLTIBw6zLk-OnJvEuXaaRj6l6CHNA=s0-d

3. Mengenal Sript Editor

Pada dasarnya digunakan untuk melakukan berbagai pengerjaan SPSS secara otomatis seperti membuka dan menutup File, Export Chart, penyesuaian bentuk output dan lai

https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhu_I9XCtNhDo7YKth43Uo655werz4gdo2KNIBMqDe3Zw1NPQPPYhVELNWWLvajGmWj366E5H-JzM-Px5RWHthj5kuOVv8b_REv-lsl8vVjw0BJIFKE13438COfY5vHt1ZuTFpC441fqzkTOb5d0DAR4liwHPev16Fo-cXTlhtwf6eH-bTuPrk5UxzfMXyG_URmHfFEeDNQN-bqR7Vuwm48Hw=s0-d

8.    WOLFRAME
A.  Pengertian
Wolfram Mathematica atau yang sering disebut dengan Mathematica merupakan suatu sistem aljabar komputer (CAS, Computer Algebra System) yang mengintegrasikan kemampuan komputasi (simbolik, numerik), visualisasi (grafik), bahasa pemprograman, dan pengolahan kata (word processing) ke dalam suatu lingkungan yang sudah di gunakan.
Mathematica merupakan software aplikasi buatan Wolfram Research yang handal dengan fasilitas terintegrasi lengkap untuk menyelesaikan beragam masalah matematika. Dengan Mathematica kita akan merasakan sebuah revolusi pada peran dan praktik matematika yang dengannya beragam kasus matematika, dari masalah yang paling sederhana hingga perhitungan yang paling rumit, dapat diselesaikan dengan mudah, ringkas, cepat dan tepat. Mathematica memiliki fasilitas fungsi matematika terpasang (built-in mathematics function) lebih dari 750 buah yang menjadikan sintak programnya dapat dinyatakan dalam satu atau beberapa baris sederhana saja. Kesederhanaan bahasa program inilah yang menjadikan Mathematica dapat digunakan siapapun tanpa harus terlebih dahulu menguasai suatu bahasa pemprograman tertentu.
Komputasi matematika pada dasarnya dapat diklasifikasikan dalam tiga kelas utama, yaitu komputasi numerik, komputasi simbolik dan visualisasi grafik. Mathematica menyediakan fasilitas lengkap untuk melaksanakan semua komputasi matematika tersebut dalam suatu lingkungan kerja yang terintegrasi. Dalam lingkungan kerja yang demikian maka kita dapat melaksanakan beragam perhitungan matematika, seperti perhitungan aritmatika, perhitungan aljabar, perhitungan dan operasi simbolik dalam aljabar matriks, aljabar linear, linear programing, metode numerik, teori bilangan, matematika diskrit, kalkulus, transformasi laplace, transformasi fourier, transformasi-z, statistika, geometri, pemodelan matematika dan simulasi, dan lain-lain.
Mathematica juga memiliki fasilitas lengkap untuk membuat beragam grafik. Kita dapat membuat grafik fungsi al jabar, fungsi transenden, fungsi parametrik dan fungsi implisit, fungsi polar, kurva kontur, skaterplot, beragam grafik permukaan dimensi tiga, grafik medan vektor dimensi dua dan dimensi tiga, grafik animasi, diagram batang, diagram lingkaran dan lain-lain.
Kini Mathematica merupakan salah satu software pilihan dalam pendidikan, penelitian, bisnis dan sebagainya, khususnya untuk melakukan:
1.      Komputasi matematika, baik untuk perhitungan numerik maupun simbolik.
2.      Visualisasi grafik fungsi dimensi-dua dan dimensi-tiga.
3.      Pemprograman, pemodelan matematika dan simulasi.
4.      Analisis statistik dan visualisasi data dalam bentuk tabel dan grafik.
Untuk pengoperasiannya, aplikasi ini mempunyai tampilan yang interaktif dengan tiga sistem pengoperasian yang mudah. Pertama, pengguna bisa langsung mengetikkan pertanyaan matematika dalam bahasa Inggris dan Mathematica akan memberikan jawabannya berdasarkan data statistik dari berbagai organisasi internasional melalui koneksi internet. Sistem yang kedua disebut palletes, pengguna memilih daftar fungsi yang ingin digunakan pada menu yang telah disediakan. Terakhir, pengguna bisa mengetikkan sendiri pertanyaannya sesuai dengan bahasa matematika yang benar berdasarkan ketentuan - ketentuan penulisan yang ada.
Mathematica dapat melakukan berbagai macam perhitungan mulai dari perhitungan fungsi - fungsi sederhana hingga algoritma pemrograman yang kompleks dengan pemodelan 2D, proyeksi 3D, hingga image recognition bisa dihasilkan dengan aplikasi ini. Tidak hanya hasil akhir, dengan fitur "step-by-step solution" juga dapat digunakan untuk mempelajari sendiri tahapan kalkulasi dalam matematika. Dengan perhitungan yang sudah dibuat sedemikian mudah inilah, aplikasi ini memfasilitasi pengajar maupun peneliti mana pun untuk mengembangkan berbagai kemungkinan yang bisa dihasilkan tanpa terlalu memusingkan kerumitan perhitungan yang ada di dalamnya.
Mathematica adalah, aplikasi serbaguna, paket handal untuk melakukan perhitungan matematika dan penerbitan hasil matematika. Ini berjalan pada sistem operasi workstation yang paling populer, termasuk Microsoft Windows, Apple Macintosh OS, Linux, dan sistem berbasis Unix lainnya.
Mathematica digunakan oleh para ilmuwan dan insinyur dalam disiplin ilmu mulai dari astronomi hingga zoologi; aplikasi khas termasuk teori bilangan komputasi, pemodelan ekosistem, keuangan harga derivatif, perhitungan kuantum, analisis statistik, dan ratusan lebih. (Lihat link di bawah untuk menemukan cara aplikasi dan contoh kode).
Cara terbaik untuk memahami Mathematica adalah dengan melihatnya dalam tindakan. Bagian di bawah ini menjelaskan tiga kategori utama penggunaan:

Sebagai alat pengguna akhir: Mathematica dapat digunakan untuk melakukan perhitungan, baik secara numerik atau simbolik. Hasil dapat dilihat dengan menggunakan 2-D dan grafis 3-D.

Sebagai alat pemrograman: Mathematica menyediakan kaya set ekstensi pemrograman untuk bahasa end-user. Pemrograman dapat dilakukan dalam logika prosedural, fungsional, atau (aturan-based) gaya, atau campuran dari ketiganya. Untuk tugas yang membutuhkan interface untuk lingkungan eksternal (seperti ekstraksi dari database relasional) Mathematica menyediakan MathLink, yang memungkinkan program Mathematica untuk berkomunikasi dengan program eksternal yang ditulis dalam C, Java, atau bahasa lainnya.
Sebagai alat penerbitan: Mathematica memiliki kemampuan yang luas untuk grafis format, teks, dan persamaan. Dokumen, notebook disebut, dapat diekspor sebagai PostScript, TeX, HTML, atau kombinasi dari HTML dan MathML (Matematika Markup Language).
C.  Menu dan Sub Menu dalam Mathematica
Dalam Mathematica ada beberapa menu yaitu, File, Edit, Insert, Format, Cell, Graphics, Evaluation, Window dan Help. Setiap menu mempunyai sub menu- sub menu yang mempunyai berbagai fungsi.
1.    Perbandingan
Masukkan dua istilah dengan kata vs diantara kedua istilah tersebut dan Anda akan mendapatkan perbandingannya. Contohnya, Anda bisa membandingkan satu situs web dengan yang lainnya untuk melihat traffic dari masing-masing situs web tersebut.
Gambar Kedua Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
Anda bisa membandingkan kota, buku, makanan, dan semua hal yang Anda bisa pikirkan.
2.    Informasi Nutrisi
Masukkan jenis makanan tertentu dan Wolfram Alpha akan menyajikan kepada Anda informasi nutrisi makanan tersebut. Anda tidak harus memasukkan jenis makanan satu persatu – Anda dapat memasukkan banyak jenis makanan dalam satu pencarian dalam Wolfram Alpha akan mebandingkannya untuk Anda.
Gambar Ketiga Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
3.    Matematika Rumit
Wolfram Alpha sangat ideal untuk soal matematika yang bahkan kalkulator Google maupun hampir semua kalkulator pada situs web tidak dapat menyelesaikannya.
Gambar Keempat Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
Dimanakah Saya?
Lakukan pencarian dengan keyword “Where am I?” dan Wolfram akan menggunakan alamat IP Anda untuk melacak Anda. Pada Wolfram Alpha, ANda juga bisa memasukkan alamat IP kedalam kotak pencarian dan melacak pengguna IP tersebut.
Gambar Kelima Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
Berapa Hari Lagi Sampai Hari TertentuIngin tahu berapa hari lagi yang tersisa sampai hari ulang taun Anda, hari libur favorit Anda, ataupun tanggal lainnya? Lakukan pencarian dengan keyword days until (tanggal tertentu).
Gambar Keenam Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
4.    Membuat Password
Wolfram Alpha memiliki fitur pembuatan password dan memperkirakan berapa lama password tersebut bisa diretas. Anda bahkan bisa mengubah aturan yang digunakan untuk membuat password
.Gambar Ketujuh Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
Apakah Saya Mabuk?
Apakah Anda telah minum-minum? Wolfram Alpha bisa memperkirakan apakah Anda mabuk atau tidak. Lakukan pencarian dengan keyword am I drunk? Dan Anda akan diberikan form yang akan bertanya informasi lebih lanjut.
Gambar Kedelapan Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
Berikan informasi yang dibutuhkan dan Wolfram Alpha akan memperkirakan apakah Anda terlalu mabuk untuk membawa kendaraan atau tidak. Anda bahkan bisa melihat grafik kecil, untuk mengetahui apakah alkohol didalam darah Anda masih dalam batas yang wajar.
Gambar Kesembilan Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
 Seberapa Umumkah Nama Anda?
Gambar Kesepuluh Cara Luar Biasa Menggunakan Wolfram Aplha Oleh Segiempat
Masukkan sebuah nama dan Anda akan melihat seberapa umumkah nama tersebut, lengkap dengan sebuah grafik yang menampilkan seberapa populerkah nama tersebut dari waktu ke waktu. Masukkan beberapa nama sekaligus dan Wolfram akan membandingkan seberapa umumkah nama tersebut.



 


















DAFTAR PUSTAKA

·        http://blog.student.uny.ac.id/intandz/2011/02/23/matlab/  08.00 / 02-10-2012
  • http://duniakita777.blogspot.co.id 
·        http://www.rizaldiamer.blogspot.com /2014/08/kumpulan software matematika.html 08.00-06-12-2014



Popular posts from this blog

Puisi beruntun