MEDIA ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MATERI
KESEBANGUNAN
Di susun sebagai salah satu tugas mata pelajaran media pembelajaran matematika




Disusun oleh:
                                                                 Siti Romlah                                        NIM : 14510123
Lia Awaluhum                            NIM : 14510275
Rita Susanti                                 NIM : 14510155
Nuryakin                                     NIM:


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
 SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) SILIWANGI BANDUNG
2014/2015

Media Alat Peraga Segi tiga
Bahan
Ø  Tip Blok/ white bor
Ø  Lem Kayu
Ø  Spidol
Ø  Kawat alumunium
Ø  Penggaris besi
Ø  Paku
Ø  Baut

Alat
Ø  Gergaji
Ø  Palu
Ø  Penggaris
Ø  Pahatan

Pembuatan Alat Peraga
1. Siapkan white board yang berukuran
2. Pada papan tersebut buat garis-garis strimin untuk membantu proses penggambaran, serta diberi ukuran tiap panjang satuan
3. Siapkan penggaris besi yang telah dilengkapi ukuran satuan panjang
4. Kemudian setelah digabung diberi skrup, lalu ditempel pada papan yang sudah disediakan, diukur jarak ke horisontal, vertikal maupun diagonalnya
5. Atur sedemikian rupa sehingga antena bisa digerakkan dengan bebas dengan catatan siku-siku segitiga tidak boleh geser
6. Beri tiap-tiap sudut variabel agar mempermudah dalm pembuktian segitiga yang kongruen.
7. Atur sedemikian serupa sehingga alat peraga kelihatan rapi, bagus, dan menarik.
8. Setelah selesai membuat,  alat peraga siap digunakan sebagai media pembelajaran
Cara Penggunaan
1. Setelah selesai memasang alat, buat segitiga sesuai keinginan dengan catatan panjang sisi miring segitiga menggunakan kawat alumunium
2. Ukur dan amati segitiga tersebut yang telah dibuat.
3. Buat garis tengah pada segitiga dengan memanjangkan benang
4. Amati kedua segitiga, dan
5. Bandingkan segitiga tersebut, kemudian amatilah apakah segitiga tersebut sebangun
6. Alat peraga siap membuktikan rumus-rumus dalam segitiga tersebut.










Materi Kesebangunan

A.     Pengertian
1.      Syarat dua segitiga yang sebangun
Dua buah segitiga dikatakan sebangun jika memenuhi salah satu syarat sebagai berikut:
a.    Sudut yang bersesuaian sama besar
b.   Perbandingan sisi – sisi yang bersesuaian sama panjang.


2.      Garis sejajar dengan sisi segitiga
 




                                                                                                    





Pada gambar di atas  ABC dan    DEC sebangun, karena sudut-sudut yang bersesuaian sama besar, yaitu:  
                                                       
           <D = < A, < E=<B
Jika panjang CD = a, AD = b, BE = d, DE  = e, dan AB = f, maka berlaku perbandingan- perbandingan sebagai berikut :

a.      
Text Box: DE

AB

b.
 






3. Rumus dalam segitiga siku-siku dengan garis tinggi ke sisi miring
 









Pada gambar segitiga ABC siku-siku di A dan AB tegak lurus BC,
AD merupakan garis tinggi pada sisi miring BC
Rumus-rumus yang berlaku untuk gambar di samping adalah :
AB2 = BD x BC
AC2 = CD x CB
AD2 = CD x BD

Perhatikan contoh di bawah ini!
Pada segitiga ABC besar sudut A = 900
Maka sudut B = 1800 – 900 – sudut C
          Sudut B = 900 – sudut C
Pada segitiga ACD, sudut D = 900
Maka sudut CAD = 90 – sudut C


Lihat segitiga ADC dan ABD
<ADC = <ADB = 900             karena sudut-sudut yang bersesuaian sama besar maka segitiga ADC dan ADB sebangun
<CAD = < B =900 - < C
< C = < BAD


a.           Karena segitiga ADC dan ADB sebangun, maka sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama diantaranya yaitu:
Ø CD x BD = AD x AD
Ø AD2 = CD x BD (terbukti)


B.     Hubungan Antara Alat Peraga Dengan Materi

Alat peraga ini membantu guru dalam menyampaikan materi kesebangunan. Dalam alat peraga ini siswa dapat mengubah ukuran maupun bentuk sehingga dalam pemahaman konsep lebih jelas serta siswa mampu menemukan sendiri definisi dari kesebangunan tersebut sehingga konsep tersebut mudah diingat siswa dan kerja guru menjadi lebih mudah. 

Popular posts from this blog

macam macam software pembelajaran matematika

lagu tepuk tk