Rpp


RPP SPLDV

RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah      :
Mata Pelajaran      : Matematika
Kelas/Semester     : X / I
Materi Pokok        : SPLDV
Alokasi Waktu      : 1x 45 menit
Pertemuan             : ke-1

A.      Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi dasar dan indikator

NO
               Kompetensi Dasar
             Indikator Pencapaian
1.       
1.1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
1.1.1        Berdo'a sebelum dan sesudah pelajaran.
1.1.2        Memberi salam sebelum dan sesudah
            presentasi.
2.       
2.1  Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan sikap toleransi
dalam perbedaan strategi berpikir
dalam memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan masalah.
2.1.1        Aktif dalam bekerjasama dengan teman sekelompoknya.
2.1.2        Memiliki rasa percaya diri dalam memaparkan hasil diskusi.
3.       

3.1  Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linear dua variabelserta pertidaksamaan dua variabel
3.2  Mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dan menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawaban dalam pemecahan masalah



3.1.1        Menemukan ciri-ciri SPLDV dan SPtLDV
3.1.2        Menuliskan konsep SPLDV dan SPtLDV berdasarkan ciri-ciri yang telah di temukan
3.1.3        Menyelesaikan permasalahan SPLDV dan SPtLDV
4.       
4.1 Membuat model matematika berupa SPL,SPLDV dan Pertidaksamaannya dari situasi nyata kedalam  matematika, menganalisa model dan HP
4.1.1        Terampil mengaplikasikan soal ke dalam model matematika dan penyelesaiannya


C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan pendekatan saintifik dan RME ,Melalui model PBL ( Problem Based Learning)  siswa diharapkan :
1.      Memiliki rasa percaya diri dalam memaparkan hasil diskusi.
2.      Aktif dalam bekerjasama dengan teman sekelompoknya.
3.      Mampu menemukan dan menganalisis konsep SPLDV dan pertidaksamaannya
4.      Mampu menganalisis dan menyimpulkan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel
5.       Mampu menerapkan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel dalam pemecahan masalah nyata
6.      Terampil memilih dan menggunakan SPLDV dan pertidaksamaannya
D.      Materi Pembelajara

E.       Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan : pendekatan saintifik (scientific) dan RME
2.      Model : Kooperatif tipe PBL (problem basis learning)
3.      Metode : Diskusi, Tanya jawab.

F.        Media Pembelajaran
        Lembar Kegiatan Siswa, papan tulis, Spidol

G.      Sumber Belajar
Modul matematika materi SPLDV ( buku kemendikbud kelas x tahun 2014 edisi revisi )

H.      Langkah-langkah Pembelajaran

I.         Penilaian
1.      Teknik penilaian : pengamatan, tes tertulis
2.      Prosedur Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
A.    Berdo'a sebelum dan sesudah
Pelajaran.
B. Memberi salam sebelum dan  sesudah presentasi.
C. Aktif dalam bekerjasama dengan
teman sekelompoknya.
D. Memiliki rasa percaya diri dalam
memaparkan hasil diskusi

Pengamatan

Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menganalisis dan menyimpulkan
konsep sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dua variabel.
b.      Menerapkan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dua variabel
dalam pemecahan masalah nyata.
c.       Terampil memilih dan menggunakan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel

Tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
Trampil Memilih dan menggunakan sistem persamaan dan pertidaksamaan linearyang sesuai dalam pemecahan
masalah nyata serta memberikan
alasannya.

           Tes

Penyelesaian tugas kelompok

1.      Penilaian Sikap
Tujuan: Menunjukkan sikap kerjasama dan disiplin dalam proses pembelajaran
1.      Teknik Penilaian : Observasi
2.      Instrumen Penilaian : Lembar Pengamatan

Contoh Instrumen penilaian sikap:
NO
NamaSiswa
Kerjasama
Disiplin
1
2
3
4
1
2
3
4











RubrikPenilaian :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4  =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3  =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2  =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

1.      Penilaian Pengetahuan
Tujuan:
1.      Menjelaskan konsep SPLDV
2.      Melakukan penalaran dan memecahkan masalah mengenai konsep SPLDV
3.      Teknik Penilaian                 : Tes Tertulis dan pengamatan
4.      Instrumen Penilaian            : Lembar Soal
Instrumen dan teknik pengskoran
Soal Tes bagian 1
Diskusikan dengan teman kelompokmu!
Isilah tabel berikut setelah kamu memahami masalah di bawah ini!
1.      Ari akan menjenguk temannya yang sedang sakit, Ia berencana membelikan kue molen dan kue lapis untuk temannya sebanyak 12 buah. Berapa banyak kue molen dan kue lapis yang mungkin dibeli oleh Ari? Untuk menjawab masalah tersebut, lengkapilah tabel berikut!

Misalnya banyaknya kue molen adalah x dan banyaknya kue lapis adalah y, maka banyaknya kue yang mungkin dibeli Ari dapat dibentuk persamaan x + y = 12.
Persamaan x + y = 12 merupakan persamaan linear dua variabel (x dan y) karena variabelnya berpangkat paling tinggi satu dan tidak ada hasil kali antara kedua variabel tersebut. Skor 1 poin

2. Contoh persamaan linear dua variabel: Skor 2 poin
    2x + 5y = 20  
Contoh sistem persaan linear dua variabel:
3x + 4y = 12
2x + 5y = 20 
Coba perhatikan pesamaan di atas. Pada persamaan linear dua variabel hanya terdapat satu persamaan, sedangkan pada sistem persamaan linear terdapat dua persamaan bahkan boleh lebih. Kemudian tentukanlah koefisien, variabel dan konstantanya
Maka kesimpulannya:
Ø  Persamaan linear dua variabel adalah ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Ø  Sistem Persamaan linear dua variabel adalah ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Ø  2x + 5y = 20, Koefisien = ........  dan ........ , Variabel = ........ dan ........., Konstanta = ..........

Soal tes bagian 2
Cermati dan fahamilah soal di bawah ini dengan seksama !

1.      Seorang penjual martabak mempunyai 8 kg tepung dan 2 kg gula pasir. Harga 8 kg tepung dan 2 kg gula pasir adalah Rp. 32000,00 dan harga 1 kg tepung dan 1 kg gula pasir adaIah Rp.7500,00. Dia ingin membuat  dua macam martabak yaitu martabak keju dan martabak coklat. Untuk membuat martabak keju dibutuhkan 10 gram gula pasir dan 20 gram tepung sedangkan untuk membuat martabak coklat dibutuhkan 5 gram gula pasir dan 50 gram tepung. Jika martabak keju dijual dengan harga Rp 15.000,00/buah dan martabak coklat dijual dengan harga Rp 16.000,00/buah. Skor 7

a.       Tuliskan hal-hal yang kamu ketahui  dari cerita tersebut!
b.      Buatlah suatu pertanyaan yang kamu pikirkan dari cerita tersebut mengenai SPLDV ! 
c.       Buatlah model matematika dari soal cerita tersebut!
d.      Tuliskan langkah-langkah yang kamu pikirkan serta cara pengerjaannya  untuk menyelesaikan soal tersebut ! 
e.       Periksa kembali hasil pekerjaanmu!


 by : sitiromlahazzuhudy.blogspot.com

Popular posts from this blog

Berkenalan yuk....! Supaya kita saling mengenal 😊😊

macam macam software pembelajaran matematika