Rpp
RPP SPLDV
RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / I
Materi Pokok : SPLDV
Alokasi Waktu : 1x 45 menit
Pertemuan : ke-1
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara
efektif dengan
lingkungan
sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam
ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi dasar dan indikator
|
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
|
1.
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1
Berdo'a sebelum dan sesudah pelajaran.
1.1.2
Memberi salam sebelum dan sesudah
presentasi.
|
|
2.
|
2.1 Memiliki
motivasi internal,
kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan sikap toleransi
dalam perbedaan strategi berpikir
dalam memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan masalah.
|
2.1.1
Aktif dalam bekerjasama dengan teman sekelompoknya.
2.1.2
Memiliki rasa percaya diri dalam memaparkan hasil
diskusi.
|
|
3.
|
3.1 Mendeskripsikan
konsep sistem persamaan linear dua variabelserta pertidaksamaan dua variabel
3.2 Mampu
menerapkan berbagai strategi yang efektif dan menentukan himpunan
penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawaban dalam pemecahan masalah
|
3.1.1
Menemukan ciri-ciri SPLDV dan SPtLDV
3.1.2
Menuliskan konsep SPLDV dan SPtLDV berdasarkan
ciri-ciri yang telah di temukan
3.1.3
Menyelesaikan permasalahan SPLDV dan SPtLDV
|
|
4.
|
4.1 Membuat model matematika berupa SPL,SPLDV dan Pertidaksamaannya dari
situasi nyata kedalam matematika,
menganalisa model dan HP
|
4.1.1
Terampil mengaplikasikan soal ke dalam model
matematika dan penyelesaiannya
|
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan pendekatan saintifik dan
RME ,Melalui model PBL ( Problem Based Learning) siswa diharapkan :
1. Memiliki rasa percaya diri dalam
memaparkan hasil diskusi.
2. Aktif dalam bekerjasama dengan teman
sekelompoknya.
3. Mampu menemukan dan menganalisis konsep
SPLDV dan pertidaksamaannya
4. Mampu menganalisis dan menyimpulkan
sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel
5. Mampu menerapkan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dua variabel dalam pemecahan masalah nyata
6. Terampil memilih dan menggunakan SPLDV dan
pertidaksamaannya
D. Materi Pembelajara
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : pendekatan saintifik (scientific)
dan RME
2. Model : Kooperatif tipe PBL (problem
basis learning)
3. Metode : Diskusi, Tanya jawab.
F.
Media Pembelajaran
Lembar Kegiatan Siswa, papan tulis, Spidol
G. Sumber Belajar
Modul matematika materi SPLDV ( buku
kemendikbud kelas x tahun 2014 edisi revisi )
H. Langkah-langkah Pembelajaran
I.
Penilaian
1. Teknik penilaian : pengamatan, tes
tertulis
2. Prosedur Penilaian
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
|
1.
|
Sikap
A. Berdo'a
sebelum dan sesudah
Pelajaran.
B. Memberi salam sebelum dan
sesudah presentasi.
C. Aktif dalam bekerjasama dengan
teman sekelompoknya.
D. Memiliki rasa percaya diri dalam
memaparkan hasil diskusi
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menganalisis
dan menyimpulkan
konsep sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dua variabel.
b. Menerapkan
sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dua variabel
dalam pemecahan masalah nyata.
c. Terampil
memilih dan menggunakan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua
variabel
|
Tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
|
3.
|
Keterampilan
Trampil
Memilih dan menggunakan sistem persamaan dan pertidaksamaan linearyang sesuai
dalam pemecahan
masalah nyata serta memberikan
alasannya.
|
Tes
|
Penyelesaian
tugas kelompok
|
1. Penilaian Sikap
Tujuan: Menunjukkan sikap kerjasama dan disiplin dalam proses
pembelajaran
1. Teknik
Penilaian : Observasi
2. Instrumen Penilaian
: Lembar Pengamatan
Contoh Instrumen
penilaian sikap:
|
NO
|
NamaSiswa
|
Kerjasama
|
Disiplin
|
||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RubrikPenilaian :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
1. Penilaian Pengetahuan
Tujuan:
1. Menjelaskan
konsep SPLDV
2. Melakukan
penalaran dan memecahkan masalah mengenai konsep SPLDV
3. Teknik Penilaian : Tes Tertulis dan pengamatan
4. Instrumen
Penilaian : Lembar Soal
Instrumen dan
teknik pengskoran
Soal Tes bagian 1
Diskusikan dengan teman kelompokmu!
Isilah tabel berikut setelah kamu
memahami masalah di bawah ini!
1. Ari akan menjenguk temannya yang sedang sakit, Ia
berencana membelikan kue molen dan kue lapis untuk temannya sebanyak 12 buah.
Berapa banyak kue molen dan kue lapis yang mungkin dibeli oleh Ari? Untuk
menjawab masalah tersebut, lengkapilah tabel berikut!
Misalnya banyaknya kue molen adalah x
dan banyaknya kue lapis adalah y, maka banyaknya kue yang mungkin dibeli Ari
dapat dibentuk persamaan x + y = 12.
Persamaan x + y =
12 merupakan persamaan linear dua variabel (x dan y) karena variabelnya
berpangkat paling tinggi satu dan tidak ada hasil kali antara kedua variabel
tersebut. Skor 1 poin
2.
Contoh persamaan linear dua variabel: Skor 2 poin
2x
+ 5y = 20
Contoh sistem persaan linear dua
variabel:
3x + 4y = 12
2x + 5y = 20
Coba perhatikan pesamaan di atas. Pada
persamaan linear dua variabel hanya terdapat satu persamaan, sedangkan pada
sistem persamaan linear terdapat dua persamaan bahkan boleh lebih. Kemudian
tentukanlah koefisien, variabel dan konstantanya
Maka kesimpulannya:
Ø Persamaan linear dua variabel adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Ø Sistem Persamaan linear dua variabel
adalah ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Ø 2x + 5y = 20, Koefisien
= ........ dan ........ , Variabel = ........ dan .........,
Konstanta = ..........
Soal
tes bagian 2
Cermati
dan fahamilah soal di bawah ini dengan seksama !
1. Seorang penjual martabak mempunyai 8 kg
tepung dan 2 kg gula pasir. Harga 8 kg tepung dan 2 kg gula pasir adalah Rp.
32000,00 dan harga 1 kg tepung dan 1 kg gula pasir adaIah Rp.7500,00. Dia ingin
membuat dua macam martabak yaitu martabak
keju dan martabak coklat. Untuk membuat martabak keju dibutuhkan 10 gram gula
pasir dan 20 gram tepung sedangkan untuk membuat martabak coklat dibutuhkan 5
gram gula pasir dan 50 gram tepung. Jika martabak keju dijual dengan harga Rp
15.000,00/buah dan martabak coklat dijual dengan harga Rp 16.000,00/buah. Skor
7
a.
Tuliskan
hal-hal yang kamu ketahui dari cerita
tersebut!
b.
Buatlah
suatu pertanyaan yang kamu pikirkan dari cerita tersebut mengenai SPLDV !
c.
Buatlah
model matematika dari soal cerita tersebut!
d.
Tuliskan
langkah-langkah yang kamu pikirkan serta cara pengerjaannya untuk menyelesaikan soal tersebut
!
e.
Periksa
kembali hasil pekerjaanmu!
by : sitiromlahazzuhudy.blogspot.com