rpp trigonometri
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMK
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI/1
Materi
pokok : Trigonometri
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit
A. Standar
Kompetensi
1. Menentukan
ukuran sudut, Menerapkan perbandingan, Identitas trigonometri, fungsi,
persamaan, Luas segitiga dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menentukan dan menggunakan nilai
perbandingan trigonometri suatu sudut
C.
Indikator:
i.
Menentukan
ukuran sudut dalam drajat dan radian
ii.
Perbandingan
trigonometri suatu sudut ditentukan dari sisi-sisi segitiga siku-siku
iii.
Perbandingan
trigonometri dipergunakan untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut
segitiga siku-siku
iv.
Sudut-sudut
diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometrinya
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan trigonometri
siswa mampu:
1. Siswa
mampu menentukan nilai perbandingan trigonometri untuk suatu sudut
2. Siswa
mampu menggunakan perbandingan trigonometri
3. Siswa
mampu menentukan nilai perbandingan trigonometri di berbagai kuadran
4. Siswa
mampu menentukan nilai dari koordinat cartesius dan kutub
5. Siswa
mampu menggunakan aturan sinus dan cosinus
6. Siswa
mampu menentukan luas suatu segitiga
7. Siswa
mampu menyelesaikan soal trigonometri
E.
Materi Ajar
materi Trigonometri
Pertemuan
1
A. Ukuran
sudut
B. Perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku-siku
C. Perbandingan
trigonometri sudut khusus
Pertemuan
11
A. Perbandingan
trigonometri sudut – sudut berelasi
Pertemuan
111
A. Identitas
Trigonometri
B. Grafik
fungsi trigonometri
Petemuan
1V
A. Persamaan
trigonometri sederhana
B. Luas
Segitiga
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam dan meminta
seorang siswa memimpin doa
2.
Guru dan siswa menyanyikan
lagu wajib ( Indonesia Raya)
3.
Guru mengecek kehadiran siswa dan
mengondisikan siswa siap belajar
4.
Guru menyampaikan
materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran
5. Guru memberikan motivasi kepada siswa, Memberi
motivasi dan kegunaan materi yang dipelajari dalam penyelesaian masalah
sehari-hari
|
10 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru membuat beberapa kelompok yang masing-masing
kelompok berjumlah 4 orang, pembentukan kelompok dilakukan dengan cara
berhitung, kemudian siswa menempatkan diri sesuai kelompok masing-masing
2.
Guru memberikan
tanya jawab kepada siswa tentang menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku (Eksplorasi)
3.
Salah satu peserta didik menyampaikan
pendapatnya mengenai perbandingan trigonometri diberbagai kuadran dan
rumus-rumus trigonometri sudut-sudut yang berelasi (Elaborasi)
4.
Dengan tanya
jawab, dijelaskan cara menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut
diberbagai kuadran (Elaborasi)
5.
Peserta didik secara berkelompok mencoba mengerjakan
soal yang telah di berikan (Elaborasi)
6.
Guru
memberikan penegasan
terhadap hal-hal yang dilakukan atau dikomunikasikan peserta didik
(konfirmasi)
|
65 menit
|
|
Penutup
|
1. Guru bersama-sama dengan siswa menarik simpulan
dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan (Reflection)
2. Guru memberikan PR kepada siswa
3. Guru meminta siswa untuk mempelajari materi
berikutnya
4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan berdoa dan
memberikan pesan agar siswa tetap belajar
5. Guru menutup pelajaran dengan salam
|
15 menit
|
G. Sumber
dan Media Pembelajaran
Sumber
belajar : Modul Matematika SMK kelas XI ( buku kemendikbud edisi revisi 2014 )
H. Penilaian
Ø Prosedur
Penilaian
ü Penilaian
proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
ü Penilaian
afektif / sikap / non instruksional
Ø Jenis
Penilaian
ü Test
formatif tertulis bentuk essay
Ø Alat
Penilaian dan Rubrik Penilaian
1. Indikator
dan Instrumen Penilaian
|
Indikator Soal
|
Penilaian
|
Instrumen
|
|||||||
|
Teknik
|
Bentuk
|
||||||||
|
Siswa
dapat menentukan Perbandingan trigonometri suatu sudut ditentukan dari
sisi-sisi segitiga siku-siku
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
1.
Tentukan
perbandingan dari Sin A
|
||||||
|
Siswa
dapat menggunakan Perbandingan trigonometri untuk menentukan panjang sisi dan
besar sudut segitiga siku-siku
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
2. Andi melihat puncak menara dengan sudut elevasi
450. Jika jarak Andi ke menara adalah 20 m dan tinggi Andi 170 cm. Tentukan
tinggi menara tersebut
|
||||||
|
Sudut-sudut
diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometrinya
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
3. Tentukan nilai dari
a. Sin 1500
b. Cos 2250
c. Tan 3000
d. Sin 7650
e. Cos 19500
|
||||||
4. Rubrik
Penilaian
|
No Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
Skor
Maks
|
|
1.
|
Sin A =
|
5
|
5
|
|
2.
|
Tinggi Menara dari mata Andi 450 =
Tinggi menara dari mata Andi = 20 x tan 450 =20 x 1
= 20m
Jadi, tinggi menara dari tanah adalah 20 + 1,7 = 21,7 m
|
4
3
3
|
10
|
|
3
|
a. Sin 150 = Sin (180 – 30)
= Sin 30 = 1/2
b. Cos 225 = Cos (180 + 45)
= -cos 45 =
c. Tan 300 = Tan (360 – 60)
= -Tan 60 =
d. Sin 765 = Sin ( 2x360 + 45)
= Sin 45 =
e. Cos 1950 = Cos (5 x 360 + 150)
= Cos 180 – 30 =
Cos 30 =
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
10
|
|
Jumlah Skor 25 x 4
|
100
|
||
Kisi-kisi
instrumen soal
|
Indikator
|
Jumlah
soal
|
No Soal
|
Tingkat Kesukaran
|
||
|
Mudah
|
Sedang
|
Sukar
|
|||
|
Perbandingan
trigonometri suatu sudut ditentukan dari sisi-sisi segitiga siku-siku
|
1
|
1
|
|
|
|
|
Perbandingan
trigonometri dipergunakan untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut
segitiga siku-siku
|
1
|
2
|
|
|
|
|
Sudut-sudut
diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometrinya
|
3
|
3
|
|
|
|
by : sitiromlahazzuhdy.blogspot.com