LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS )
Bagian A ( pengertian barisan aritmatika )
Perhatikan susunan dari bilangan berikut!
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20

a.      Berapakah selisih bilangan dari atas ke bawah ?
b.      Berapakah selisih bilangan dari kanan ke kiri ?
c.       Berdasarkan pengamatan kalian , apa yang dapat kalian simpulkan dari bilangan tersebut ?

Bagian B ( Menemukan pola bilangan untuk menentukan suku ke-n  )
Masalah 1
Perhatikanlah gambar berikut ! Apakah terdapat suatu pola bilangan pada gambar tersebut?



Masalah 2
Beberapa batu bata disusun sehingga setiap kelompok tersusun seperti gambar di bawah ini
membentuk suatu pola segi tiga.
Tentukanlah pola yang dapat membentuk susunan bata terssebut  kemudian prediksikan  dua susunan bata berikutnya !

 









Penyelesaian :

Kump bata ke-
Jumlah bata
Pola
1
.....
......
2
.....
......
3
......
......
4
.......
.......



N
.......
...



Masalah 3
Beberapa kelereng disusun sehingga setiap kelompok tersusun seperti gambar di bawah ini membentuk suatu pola persegi.
Tentukanlah pola yang dapat membentuk susunan bata terssebut  kemudian prediksikan  dua susunan bata berikutnya !

Susunan kelereng
Jumlah kelereng
Pola yang di bentuk
1
.....
......
2
.....
......
3
......
......
4
.......
.......



N
.......
...






Masalah 4
Perhatikan kembali pola segi tiga pada permasalahn 2 dan pola persegi pada permasalahan 3. Apakah dari kedua pola tersebut ada pola lain yang dapat di bentuk ? kalau ia, coba buktikan !
Soal tantangan
Diketahui suatu barisan huruf alfhabet
A B B C  C  C D D D D A B B C C C D D D D A B B C C C D D D D .....

Berdasarkan pola barisan tersebut tentukanlah huruf pada urutan ke 864

Popular posts from this blog

macam macam software pembelajaran matematika

lagu tepuk tk