Penggunaan aplikasi Ms. Power Point dalam Membuat Soal Pilihan Ganda


MAKALAH
PENGGUNAAN APLIKASI VBA (VISUAL BASIC APLICATION) PADA MICROSOFT POWER POINT DALAM MEMBUAT SOAL PILIHAN GANDA
MATA KULIAH : APLIKASI TIK DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH
DOSEN : MAYA SITI ROHMAH, MPD



Di Susun Oleh :
Kelompok 5
Kelas B2 Matematika

Risa Safta Dilla          NIM :14510002
Siti Romlah                NIM :14510123
Rita Susanti               NIM :14510155
Lia Awaluhum          NIM :14510275



PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) SILIWANGI  BANDUNG
2017
KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada penulis dalam menyelesaikan makalah yang berjudul “Penggunanaan VBA (Visual Basic Aplication) pada microsoft Power Point dalam Membuat Soal Pilihan Ganda ”, sebagai salah satu tugas mata kuliah Aplikasi TIK dalam pembelajaran sekolah menengah.
Penulis menyadari dan merasakan sepenuhnya bahwa dalam pembuatan makalah ini tidak terlepas dari bantuan, bimbingan, arahan, dan motivasi dari berbagai pihak. Penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.      Ibu Maya Siti Rohmah, M.Pd. sebagai dosen pengajar mata kuliah Aplikasi TIK dalam pembelajaran sekolah menengah.
2.      Semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak/Ibu dan saudara semua dengan pahala yang berlipat ganda. Amin.
Penulis juga mengharapkan masukan dan saran yang membangun dari pembaca, demi perbaikan makalah ini, sehingga dapat memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.



Cikalongwetan, Juni 2017


Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1. PENDAHULUAN ……………………………………………………………... 1
            A. LATAR BELAKANG ………………………………………...………….....  1
            B. RUMUSAN MASALAH …………………………………………………...  3
            C. TUJUAN …………………………………………………………..……....... 3
            D. MANFAAT ……………………………………………………………….… 3
BAB 11. LANDASAN TEORI
            A. POWER POINT …………………………………………………………....  4
            B.VBA ……………………………………………………………………........ 6
            C. PENGENALAN TOOL BAR PADA POWER POINT ………………...…. 9
            D. PENGENALAN TAMPILAN PADA VBA …………………………..…... 14
            E. PENGGUNAAN APLIKASI TIK DALAM MATEMATIKA ………...….. 16
BAB 111. PEMBAHASAN
            A.MEMBUAT SOAL PILIHAN GANDA DENGAN SCORING …………… 23
            B. KEUNGGULAN VBA DALAM APLIKASI SOAL SCORIN ...................  26
            C.KEKURANGAN VBA DALAM APLIKASI SOAL SCORING ………….. 27
BAB IV. PENUTUP
            A.KESIMPULAN ………………………………………………….................. 28
            B. SARAN …………………………………………………….....................… 28
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................................... 29

BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi memiliki dampak pada berbagai bidang kehidupan manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia sekarang ini tidak lepas dari penggunan teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi bagi kehidupan manusia adalah pemanfaatan teknologi untuk pendidikan dengan tujuan agar dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kualitas hasil pembelajaran.
Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dituntut untuk memiliki kemampuan menguasai teknologi. Dengan penguasaan teknologi, maka guru dapat menyampaikan informasi dalam pembelajaran. Salah satu penggunaaan teknologi dalam pembelajaran adalah penggunaan teknologi sebagai media. Media pembelajaran merupakan sarana dalam pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan baik sesuai dengan tujuannya. Media pembelajaran dapat pula diartikan sebagai sarana agar informasi yang akan disampaikan dalam pembelajaran bisa tersampaikan. Media pembelajaran yang baik dapat mempermudah informasi yang sulit dipahami, kompleks atau sulit dicerna dapat muda dimengerti oleh peserta didik.
Teknologi yang bia digunakan sebagai media pembelajaran adalah penggunaan komputer. Komputer merupakan suatu perangkat pengolah data yang dapat didesain dikembangkan untuk membantu manusia menjalankan aktivitasnya. Komputer telah banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Perubahan yang cepat atau revolusi teknologi komputer telah membantu meringankan tugas-tugas dan pekerjaan manusia. Komputer tidak lagi hanya untuk keperluan komputasi saja, tetapi lebih dari itu dapat digunakan untuk keperluan mengolah data, menyimpan data dan penyajian (presentasi) data dan informasi.
Penggunaan teknologi komputer yang dapat dirasakan dalam pembelajaran adalah dalam penggunaan komputer untuk proses belajar seperti presentasi mengajar. Presentasi mengajar menggunakan komputer menimbulkan rasa senang karena peserta didik merasa senang. Rasa senang yang dialami peserta didik karena dalam komputer menyediakan aplikasi-aplikasi yang bagus dan menarik sehingga peserta didik tidak cepat bosan, sebaliknya justru merangsang peserta didik ingin mengerti lebih banyak lagi. Dengan tertariknya dan senangnya siswa dalam proses belajar diharapkan peserta didik menjadi lebih unggul dibidangnya, lebih cerdas dan lebih mampu melihat persoalan dari segi lain, kini dan akan datang.
Agar pemanfaatan komputer dapat maksimal digunakan dalam pembelajaran, maka perlu bagi seorang guru untuk tidak gagap teknologi (gaptek). Guru perlu memiliki kompetensi terhadap Teknologi Informasi Komputer (TIK).
Penguasaan Teknologi Informasi dan komputer merupakan bagian dari tuntutan seorang guru. Pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, menyatakan bahwa “Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”. Aspek-aspek kompetensi yang harus dimiliki (dipenuhi) guru, yang berkaitan dengan TIK adalah pada kompetensi pedagogik : “ pemanfaatan teknologi pembelajaran”, dan pada kompetensi sosial : “ menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional”. Dengan demikian, penguasaan (pemanfaatan) TIK oleh guru dalam pembelajaran sangat penting.
Dengan penguasaan TIK oleh guru maka guru dapat memanfaatkan Komputer untuk media pembelajaran. Aplikasi-aplikasi yang ada pada teknologi khusunya komputer dapat memfaslilitasi guru dalam membuat media pembelajaran. Salah satu aplikasi dalam komputer yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran adalah penggunaan media Powerpoint. Microsoft PowerPoint adalah salah satu jenis program komputer yang tergabung dalam Microsoft Office. Microsoft PowerPoint merupakan program aplikasi yang digunakan untuk presentasi. Aplikasi ini banyak digunakan, apalagi oleh kalangan pebisnis, perkantoran, para pendidik, siswa, dan trainer. Seperti yang dikemukakan Asih Widi Harini (2011:1), PowerPoint adalah aplikasi untuk menyusun presentasi. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik profesional, akademisi, praktisi maupun pemula untuk aktivitas presentasi.
Menurut Muhroghibi (2011) secara teoritis, sejauh ini Microsoft PowerPoint di dalam pembelajaran memiliki beberapa kelebihan diantaranya : (a) penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto. (b) lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaj, (c) pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik. (d) guru tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan,(f) dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secara berulang-ulang, (g) dapat disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik. (CD / Disket/Flashdisk), sehingga paraktis untuk di bawa ke mana-mana.
Powerpoint merupakan media yang menarik untuk pembelajaran. Aplikasi Powerpoint sangat familiar dikalangan pendidik dalam melakukan presentasi pembelajaran. Namun penggunaan Powerpoint oleh guru kurang menarik lagi karena pembuatannya yang sangat sederhana tanpa adanya desain yang menarik dan interaktif yang mampu membuat peserta lebih tertarik dan bisa belajar mandiri. Perlu pengetahuan teknologi yang lebih bagi seorang guru untuk lebih kreatif dalam pembuatan Powerpoint sebagai bahan media pembelajaran. Komputer menyediakan aplikasi yang mendukung pembuatan media pembelajaran yang lebih menarik dan atraktif agar media lebih efektif.
Aplikasi yang mendukung dalam pembuatan Powerpoint yang lebih menarik dan atraktif adalah penggunaan Macro Visual Basic.
                                                                                                           
B.     Rumusan Masalah
1.    Apa yang di maksud dengan VBA?
2.    Apa sajakah manfaat dari VBA untuk pengajaran di sekolah?
3.    Bagaimana tahapan pembuatan aplikasi VBA dalam membuat soal pilihan ganda ?

C.     Tujuan
1.      Dapat mengetahui apa itu yang di maksud dengan VBA (Visual Basic Aplication)
2.      Dapat mengetahui manfaatdari penggunaan VBA pada Microsoft Power Point dalam pengajaran kepada siswa
3.      Dapat mengetahui bagaimana membuat suatu aplikasi sederhana dengan dengan menggunakan bahasa pemerograman dengan VBA

D.    Manfaat
1.      Bagi penulis, memberikan kesempatan kepada penulis untuk berfikir secara mendalam terus menggali suatu inovasi-novasi baru demi menciptakan suatu hal aplikasi atau program pendidikan yang dapat berpengaruh dan di gunakan serta menjadi daya tarik dan motivasi siswa untuk lebih giat belajar.
2.      Bagi pembaca, Memberikan wawasan baru untuk memulai melakukan inovasi mencoba-coba membuat suatu aplikasi yang sederhana buatan sendiri dan dapat di gunakan untuk pengajaran bagi siswa.
3.      Bagi siswa, Menambah motivasi semangat dalam belajar tentu diharapkan guna tercapainya kompetensi yang di harapkan.
BAB 11
LANDASAN TEORI

A.    Power Point
1.      Pengertian Microsoft Powerpoint.
Microsoft PowerPoint adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Media powerpoint bisa membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena media powerpoint akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clipart yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. PowerPoint adalah alat bantu presentasi, biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang dirangkum dan dikemas dalam slide PowerPoint. Sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami penjelasan kita melalui visualisasi yang terangkum di dalam slide.
Kemudahan yang didapat dari penggunaan Powerpoint untuk media presentasi adalah (1) dapat menyimpan banyak waktu untuk orang yang dinyatakan akan digunakan jenis lain visual bantuan-tangan yang ditarik atau mekanis mengeset slide, papan tulis atau proyeksi overhead. (2) kemudahan penggunaan juga mendorong mereka yang dinyatakan tidak akan menggunakan alat bantu visual, atau tidak akan memberikan presentasi sama sekali, untuk membuat presentasi.
Keunggulan Powerpoint yaitu salah satu fitur menyediakan kemampuan untuk membuat presentasi yang meliputi musik yang memainkan seluruh presentasi atau efek suara untuk slide tertentu. Selain kemampuan untuk menambahkan file suara, presentasi dapat dirancang untuk berjalan, seperti film, sendiri. Powerpoint memungkinkan pengguna untuk merekam slide show dengan narasi dan laser pointer. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan slide untuk menampilkan slide dalam urutan yang berbeda dari awalnya dirancang dan memiliki slide muncul beberapa kali. Microsoft juga menawarkan kemampuan untuk menyiarkan presentasi untuk pengguna tertentu melalui link dan Windows Live. Dan kelebihan yang lain dari powerpoint adalah sebagai berikut ; (1) praktis, dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas, (2) memberikan kemungkinan tatap muka dan mengamati respons siswa (3) memiliki variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan (4) dapat menyajikan berbagai kombinasi clipart, picture, warna, animasi dan suara sehingga membuat siswa lebih tertarik (5) dapat dipergunakan berulang-ulang.
Dari kelebihan yang ada pada media Powerpoint maka hampir semua kalangan telah menggunakan Powerpoint. Namun teknologi makin berkembang, Perkembangan teknologi menawarkan powerpont dengan tampilan yang lebih menarik yaitu adanya program makro Visual Basic Application.

2.      Sejarah Power Point
Microsoft Powerpoint dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Waktu itu, microsoft powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc yang kemudian namanya diubah menjadi Powerpoint.
Powerpoint versi 1 dirilis pada tahun 1987 dan komputer yang didukungnya adalah Macintosh. Kala itu powerpoint masih menggunakan warna hitam putih saja dan mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparasi OHP (OverHead Projector).
Di tahun berikutnya, microsoft powerpoint muncul dengan dukungan warna setelah macintosh  berwarna muncul dipasaran.
Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought.Inc dengan powerpoint seharga 14 juta dollar.
Mengikuti Microsoft Windows 3.0, versi Ms. Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul di pasaran tepatnya pada tahun 1990. Semenjak tahun 1990 inilah Microsoft Powerpoint tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office terkecuali Basic Edition.
Sampai saat ini Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur dari tahun ke tahunnya. Versi terbaru dari Ms. Powerpoint adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (versi 15) yang dirilis bulan Januari 2015.
Dalam Microsoft PowerPoint 2013 ini, antarmuka dengan pengguna dan grafik sangat ditingkatkan sehingga Microsoft PowerPoint lebih menarik dan userfriendly.

3.      Fungsi dan Kegunaan Microsoft Powerpoint
Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :
1.      Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.
2.      Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
3.      Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.
4.      Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

B.     VBA ( Visual Basic Aplikasi )
1.      Pengertian VBA
VBA merupakan singkatan dari Visual Basic for Applications. VBA merupakan sebuah fungsi tambahan yang terdapat pada beberapa Program Microsoft office. Seperti pada Excel, Word, Powerpoint, dan Access.
Perlu diperhatikan bahwa, pengertian VBA yang saya sampaikan ini bukanlah definisi mutlak, definisi ini murni dari bahasa saya sendiri. Semoga bisa dipahami dengan baik.
VBA merupakan nama yang umum didengar. Namun, bagaimanakah penampakannya pada program-Program Microsoft office tersebut?. Jika kita membuka Powerpoint, kita tidak akan menemukan nama VBA tetapi kita akan menemukan nama Visual Basic.  Jadi, Visual Basic yang disematkan pada aplikasi inilah yang disebut Visual Basic for Applications (VBA).
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat, Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.

2.      Sejarah
Billgate, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS, Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS, Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler), Visual basic adalah pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code), Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz dari Perguruan Tinggi Dartmouth pada pertengahan tahun 1960-an (Deitel&Deitel, 1999). Bahasa program tersebut tersusun mirip dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh para programer untuk menulis program-program komputer sederhana yang berfungsi sebagai pembelajaran bagi konsep dasar pemrograman komputer, Sejak saat itu, banyak versi BASIC yang dikembangkan untuk digunakan pada berbagai platform komputer.Steve Jobs pernah bekerja dengan Wozniak sebelumnya (mereka membuat game arcade “Breakout” untuk Atari), Mereka mengumpulkan uang dan bersama-sama merakit PC, dan pada tanggal 1 April 1976 mereka secara resmi mendirikan perusahaan komputer Apple, Popularitas dan pemakaian BASIC yang luas dengan berbagai jenis komputer turut berperan dalam mengembangkan dan memperbaiki bahasa itu sendiri, dan akhirnya berujung pada lahirnya Visual Basic yang berbasis GUI (Graphic User Interface) bersamaan dengan Microsoft Windows, Pemrograman Visual Basic begitu mudah bagi pemula dan programer musiman karena ia menghemat waktu pemrograman dengan tersedianya komponen-komponen siap pakai. Hingga akhirnya Visual Basic juga telah berkembang menjadi beberapa versi, sampai yang terbaru, yaitu Visual Basic 2008, Bagaimanapun juga Visual Basic 6.0 tetap menjadi versi yang paling populer karena mudah dalam membuat programnya dan ia tidak menghabiskan banyak Memori (komputer). Sejarah BASIC di tangan Microsoft sebagai bahasa yang diinterpretasi (BASICA) dan juga bahasa yang dikompilasi (BASCOM) membuat Visual Basic diimplementasikan sebagai gabungan keduanya. Programmer yang menggunakan Visual Basic bisa memilih kode bahasa pemrograman yang dikompilasi atau kode yang harus bahasa pemrograman yang diinterpretasikan sebagai hasil Porting dari kode VB. Sayangnya, meskipun sudah terkompilasi jadi bahasa mesin, DLL bernama MSVBVMxx.DLL tetap dibutuhkan, Namun karakteristik bahasa terkompilasi tetap muncul (ia lebih cepat dari kalau kita pakai mode terinterpretasi).

Perkembangan Microsoft Visual Basik cukup sangat pesat , yaitu sebagai berikut :
1.      Proyek “Thunder” dirintis
2.      Visual Basic 1.0 (May 1991) di rilis untuk windows pada COMDEX/Windows Wordltrade yg dipertunjukan di Atlanta , Georgia
3.      Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992. Bahasa ini tidak kompatibel dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 for DOS ini pada kenyataaanya merupakan versi kelanjutan dari compiler BASIC, QuickBasic dan BASIC Professional Development System.
4.      Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992, Cakupan pemrogramannya cukup mudah untuk digunakan dan kecepatannya juga telah di modifikasi. Khususnya pada Form yg menjadikan object dapat dibuat secara seketika, serta konsep dasar dari Class modul yg berikutnya di implementasikan pada VB 4
5.      Visual Basic 3.0 , dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi versi standard dan professional. VB 3 memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yg dapat membaca serta menulis database Jet (atau access) 1.x
6.      Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) merupakan versi pertama yg dapat membuat windows program 32 bit sebaik versi 16 bit nya. VB 4 juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis non-GUI class pada Visual Basic
7.      Visual Basic 5.0 (February 1997), Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic untuk versi windows 32 bit . Programmer yg menulis programnya pada versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import porgramnya dari VB4 ke VB5. dan juga sebaliknya, program VB5 dapat diimport menjadi VB4. VB 5 memperkenalakan kemampuan untuk membuat User Control.
8.      Visual Basic 6.0 (pertengahan 1998) memperbaiki beberapa cakupan, temasuk kemapuannya untuk membuat Aplikasi Web-based . Visual Basic 6 di jadwalkan akan memasuki Microsoft “fasa non Supported” dimulai pada maret 2008

3.      Manfaat VBA
Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint sudah banyak digunakan dalam multimedia pembelajaran interaktif untuk membuat evaluasi menjadi lebih menarik. Dengan aplikasi VBA siswa dapat langsung mengetahui skor yang diperoleh ketika selesai mengerjakan soal. Sebenarnya, masih banyak manfaat lain dari  Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint yang dapat dimanfaatkan. Di antaranya, dengan VBA kita dapat membuat berbagai simulasi yang menarik dalam matematika dan fisika, contohnya :
·         Menghitung luas dan volume dari balok
·         Membuat kalkulator
·         Membuat soal dengan scoring
·         Menentukan bilangan prima atau bukan
·         dll
C.    Pengenalan Tool bar pada Software
1.      Fungsi-fungsi Menu tab Home pada Power point
Menu home ini berisi beberapa menu penting untuk anda gunakan dalam pembuatan sile power point seperti :
Ø  Copy : untuk mengcopy atau menggandakan sebuah objek atau text
Ø  Cut : berfungsi sebagai memotong sebuah objek/text, kedua-duanya baik copy maupun paste akan bisa di terapkan dengan fungsi "Paste" tepat di samping kanan menu copy/cut seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Ø  Painter : berfungsi untuk mengkopi warna yang terpilih yang bisa di terapkan pada objek lainnya dengan cara mengeklik dua kali pada objek yang akan di beri warna tersebut
Ø  New Slide: untuk membuat Slid baru
Ø  Lay out : untuk mengatur lebar halaman
Ø  Reset : untuk mengembalikan pengaturan layout
Ø  dan yang lain hampir sama dengan menu yang ada di dalam program microsoft office word, seperti Shapes, arrange, Quick style, Shape fill, shape out line, shape effect, find, Replace, select dan lain sebagainya.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitHxgBFzuXJYHgbR0r-pY2Xw3LcVfWNVKCkOmgLJvThcCUpAvSsmvz8mfcoCqvyUs-X0rFyAxjf8QqiqozwtEojUAAxtWuchl5iGe9Grxe63fRALL1eRv9t0Moleq_8bUrXLG9scS6qoU/s1600/fungsi+menu+insert+power+point.png

2.      Fungsi-fungsi Menu tab INSERT pada Power point
Ø  Tabel : Untuk memasukkan sebuah tabel
Ø  Picture : untuk memasukkan sebuah gambar
Ø  Clip art : untuk memasukkan art/gambar yang telah tersedia di program tersebut
Ø  Photo album : unuk memasukkan sebuah album photo
Ø  Shapes : untuk membuat shape, bentuk-bentuk objek yang bisa di masuki text
Ø  Chart : untuk membuat diagram
Ø  Hyper link : untuk memasukkan sebuah link, jika anda mempunyai sebuah blog bisa anda masukkan linknya
Ø  Action : Untuk membuat action dengan mouse agar bisa cepat memilih slide yang di maksud
Ø  Text box : untuk membuat kotak yang bisa diisi dengan text
Ø  Header : & footer : untuk mengatur margin atas bawah
Ø  Word art : untuk membuat sebuah tulisan yang bisa di modifikasi secara otomatis, sesuai selera
Ø  Date & time : untuk memberi waktu tanggal
Ø  Slide number : untuk memberi nomor halaman slide
Ø  Simbol : untuk memberi simbol-simbol matematika
Ø  Objek : untuk memasukkan sebuah objek
Ø  Movie : untuk memasukkan sebuah vidio
Ø  Sound : untuk memasukkan sebuah suara/audio

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifIDHPP1ntusPJ7ig51y7HAgndg5MXFkpQVwHfKoNYafvmAM0J9eNM-FNwXu5iEZy-zsyphWIlEyfWpyqtnACT8TdhR2Y89GC1iqILnyt1xvbd1vPauer7n4WUM-vUgpUWnZqEE88uJCY/s1600/fungsi+menu+DESIGN+ppt.png

3.       Fungsi-fungsi Menu tab DESIGN pada power point
Ø  Page set up : untuk megatur lebar halaman slide
Ø  Slide Orientation : untuk memilih tampilan halaman slide, Potrait or landskip, dan anda bisa memilih thema yang ingin anda terapkan seperti pada lambang-lambang Aa pada gambar di atas.
Ø  Colours: untuk mengatur warna slide
Ø  Font : untuk mengatur jenis font
Ø  Effect : untuk mengatur effec-effek warna
Ø  Background style : untuk memilih model-model beground

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5E-aZbM3rp3InsfNViv8u1XgKuBzYQEyaxY6xR-XsxgecjZTNIdWN65l2InVgpCcn99xl42rGYQoG3gunV_DlyQCMYjQqiTjd4QhGFkSzF5g-mk7VG9NwvXrtXyhsoeetzP31LlciH7Y/s1600/fungsi+menu+animation+ppt.png

4. Fungsi-fungsi Menu tab Animations pada power point
Ø  Preview : untuk melihat hasil sementara
Ø  Animate : untuk memilih model animasi
Ø  Custome animation : untuk memilih model animasi lebih lanjut, dan ana bida memilih salah satu tepat di samping kanannya model-model animasi/pergerakan slide yang anda inginkan Transition sound : yaitu untuk memilih model suara saat slid di putar
Ø  Transition speed : untuk memilih kecepatan
Ø  Apli to all : menerapkan semua pengaturan ke semua slides
Ø  Advance slide : jika anda memilih "On mouse Clik" maka slide akan bergerak jika di klik terlebih dahulu, dan jika anda memilih "Automatically after" maka tanpa anda klik mouse terlebih dahulu sudah bergerak sesuai waktu yang anda isikan.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGm3ACz7o9ljWB6-LXt-5c_eVf-CXA4waaJMxZ2ur4OzXWjeuJofsO93jlGsVOIcW4CttDO9vWXRLOeGCxR6ljTs5MBG6QWiqW1FYOuEA2Fr7aK3Y139fWL5X7Mi55HuAQhti_1g9BuTo/s1600/FUNGSI+MENU+SLIDE+SHOW+PADA+PPT.png

5. Fungsi-fungsi Menu tab SLIDE SHOW pada power point
Ø  From begining, untuk melihat tampilan dari awal
Ø  Frome current slide : untuk melihat tampilan yang sedang aktif
Ø  Custome slide show : untuk mengatur lebih lanjut slide
Ø  Set up : untuk mengatur
Ø  Hide : untuk menyembunyikan slide
Ø  Record narration : untuk merekan narasi
Ø  Rehearse Timming : untuk melihat waktu
Ø  Us rehearse timming : jika anda ingin berlatih waktu
Ø  Resolution : untuk mengatur sesolusi

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5_Mt8EKqsOeURN8QCCme_DcbnGbWrLIBUsj1ohXaD_o6wK4hlKj-vjxyXNUM7t3w11X2g41klRbMbb1sGCErnQxJzar8KNP1ND6sydmokYv8RJxZstRJJ8T94xURIWZ5LT17aJO8LmTo/s1600/FUNGSI+PADA+MENU+Review+PPT.png

6. Fungsi-fungsi Menu tab REVIEW pada power point
Ø  Spelling : untuk ejaan
Ø  Research : kembali mencari
Ø  Thesaurus : Kamus
Ø  Translate : penerjamah
Ø  Language : Bahasa
Ø  Show markup : mengisi acara
Ø  New comment : membuat sebuah form comment baru
Ø  Edit comment : untuk mengedit comment
Ø  Delete : meghapus comment
Ø  Previous : Sebelumnya
Ø  Next : Selanjutnya
Ø  Protect Presentation : Mengunci dokumen

Description: Fungsi-fungsi Menu tab view pada Microsoft power point

7. Fungsi-fungsi Menu tab VIEW pada power point
Ø  Normal : untuk menampilkan slide secara normal
Ø  Slide sorter : menampilkan slide yang telah di sortir
Ø  Notes page : catatan halaman
Ø  Side Show : untuk melihat sementara hasil slide
Ø  Slide master : untuk menampilkan slide master
Ø  Handout master : untuk menampikan handout master
Ø  Notes master : untuk menampilkan nots master
Ø  Ruller : menampilkan penggaris
Ø  Gridlines : menampilkan garis-garis grid
Ø  View direction : melihat arah
Ø  Zoom : untuk zoom (memperbesar)
Ø  Top to windows : menampilkan slide yang cocok
Ø  Color : mengatur warna
Ø  Grayscale : mode hitam putih
Ø  Pure black anda white : hitam putih
Ø  New windows : membuat jendela baru
Ø  Move split : langkah pemecahan
Ø  switch windows : beralih ke jendela
Ø  macros : makro 

Description: Fungsi-fungsi Menu tab developer pada Microsoft power point

8. Fungsi-fungsi Menu tab DEVELOPER pada power point
Ø  Visual bassic : pengaturan visual
Ø  Macros : membuat makro
Ø  Macro scurity : pengaturan makro
Ø  View code: Menamilkan kode
Ø  Document panel : panel dokumen

Description: Fungsi-fungsi Menu tab Format pada Microsoft power point

9. Fungsi-fungsi Menu tab FORMAT pada power point
Ø Shape fill : memberi warna pada shape/bentuk-bentuk
Ø Shape effct : memberi effec pada shape
Ø Bring to font : menampilkan tulisan yang terbawa
Ø Sent to back : menampilkan di belakang
Ø Selection pane : pane pilihan
Ø Allign : untuk mengatur alligemen
Ø Group : membuat group slide
Ø Rotate : untuk memutar
Ø Shape outline : memberi garis pinggir shape

D.    Pengenalan Tampilan dalam VBA
Sebelum aplikasi VBA bisa di gunakan maka kita harus mengaktifkan terlebih dahulu menu develover yang ada pada menu .
Berikut adalah langkah – langkahnya pada microsoft 2010 :
1.      Buka MS Powerpoint
2.      Klik “Office button” > klik “Powerpoint Options” > klik “Show Developer tab in the Ribbon” > klik “OK”.
3.      Menu developer sudah aktif dan anda sudah dapat menggunahan aplikasi visual basic untuk MS Powerpoint
Berikut adalalah tampilan dari menu Developer VBA dan bagian-bagiannya Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisljGeUU_6a8jz6ylF486XrqnIuxkN2YOjdgjwR-iBpy7NKbZQA6_9MifLUBVfxS9Z2aof_mLaAMRNUZJeqPScdo1T4kCV1FSYdvzitSwWuWe69unp-ZMjVmyoUCfzMTHwpWVUVnMIU4c/s640/Toolbox+VBA.JPG
                                                ( tampilan menu developer)

                                                            (tampilan VB)
(tampilan lembar kerja isian syntac atau bahasa program)

Keterangan :
Kode
Nama
Digunakan untuk
a
Visual Basic Editor
Untuk menampilkan jendela editor visual basic
b
Label
Menampilkan teks di mana pengguna program tidak dapat mengubah isi teksnya saat program dijalankan
c
Text Box
Membuat kotak teks untuk menginputkan atau mengubah teks
d
Command Button
Membuat tombol perintah
e
Image
Membuat kotak image untuk menampilkan gambar
f
Control Properties
Menampilkan properties dari control yag dipilih
g
Check Box
Membuat kotak cek yang memilki dua pilihan perintah
h
Option Button
Membuat tombol pilihan yang hanya memiliki satu pilihan perintah
i
Combo Box
Membuat kotak daftar pilihan di mana pilihannya
j
List Box
Membuat kotak daftar pilihan di mana pilihannya ditampilkan semua
k
More Controls
Menambahkan control tambahan yang tersedia

Tipe Data
Keterangan
Integer
Data numerik dengan jangkauan input antara -32768 sampai dengan 32767
String
Data berupa teks
Long
Data numerik dengan jangkauan input antara -2147483648 sampai dengan 2147483647
Single
Data numerik dengan jangkauan input antara -3.402823E38 sampai dengan -1.401298E-45 jika negatif, dan antara 1.401298E-45 sampai dengan 3.402823E38 jika positif.
Double
Data numerik dengan jangkauan input antara -1.79769313486232E308 sampai dengan -4.94065645841247E-324 jika negatif, dan antara 4.94065645841247E-324 sampai dengan 1.79769313486232E308 jika positif.
Currency
Data berupa nilai uang
Byte
Data berupa bilangan bulat antara 0 sampai dengan 255
Boolean
Data yang hanya memiliki nilai benar (True) dan salah (False)
Object
Data mengacu pada object yang digunakan
Date
Data berupa tanggal
Variant
Data inout sembarang angka dengan jangkauan tipe double dan teks yang jangkauannya sama dengan string

E.     Penggunaan Aplikasi VBA dalam matematika
1.      Menghitung luas dan Volume dari balok
Langkah-langkah dari pembuatan program ini sebagai berikut:
Langkah-1
Buatlah desain form seperti gambar dibawah ini
Description: Desain Program
Langkah-2 :
Aturlah Properti masing-masing Form/Obyek yang dipergunakan, dengan minimal memuat pengaturan sebagai berikut :
NO
FORM/OBYEK
PROPERTY
SETTING
1
FORM
Name
BALOK

Caption
BANGUN RUANG
2
Label 1
Caption
LUAS DAN VOLUME BALOK

Font
Algerian, 18, Bold
3
Label 2
Caption
Panjang

Font
Comic Sans MS, 14, Regular
4
Label 3
Caption
Lebar

Font
Comic Sans MS, 14, Regular
5
Label 4
Caption
Tinggi

Font
Comic Sans MS, 14, Regular
6
Label5
Caption
HASIL

Font
Comic Sans MS, 18, Bold
7
Text1
Name
panjang


Font
Tahoma, 14, Regular


Text
<kosongkan>
8
Text2
Name
lebar


Font
Tahoma, 14, Regular


Text
<kosongkan>
9
Text3
Name
tinggi


Font
Tahoma, 14, Regular


Text
<kosongkan>
10
Text4
Name
hasil

Font
Comic Sans MS, 18, Bold

Text
<kosongkan>
11
Image1
Name
Img_depan

Picture
<Loadpicture>
12
Command1
Name
Luas

Caption
LUAS

Font
Comic Sans MS, 14, Bold
13
Command2
Name
Volume

Caption
VOLUME

Font
Comic Sans MS, 14, Bold
14
Command3
Name
hapus

Caption
HAPUS

Font
Comic Sans MS, 14, Bold
15
Command4
Name
Keluar

Caption
KELUAR

Font
Comic Sans MS, 14, Bold
Langkah-3 :
Ketikkan code program sebagai berikut :
Ø  Private Sub cmd_hapus_Click()
panjang.Text = “”
lebar.Text = “”
tinggi.Text = “”
hasil.Text = “”
panjang.SetFocus
End Sub
Ø  Private Sub cmd_keluar_Click()
End
End Sub
Ø  Private Sub cmd_luas_Click()
Dim p, l, t, w As Integer
p = Val(panjang.Text)
l = Val(lebar.Text)
t = Val(tinggi.Text)
w = Val(2 * panjang * lebar) + (2 * panjang * tinggi) + (2 * lebar * tinggi)
hasil.Text = w
End Sub
Ø  Private Sub Cmd_volume_Click()
Dim p, l, t, v As Integer
p = Val(panjang.Text)
l = Val(lebar.Text)
t = Val(tinggi.Text)
v = Val(panjang * lebar * tinggi)
hasil.Text = v
End Sub
Langkah-4 :
Hasil output program akan seperti gambar dibawah ini dan siap untuk digunakan.
2.      Menetukan angka bilangan prima atau bukan
Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.
Langkah 1
Buatlah sebuah Userform1. Atur tampilannya seperti gambar di bawah Sesuaikan dengan selera kita masing-masing.
Description: program pendeteksi bilangan prima dengan vba
Langkah 2
Klik kanan pada Userform1>>View Code. Tambahkan kode VBA Powerpoint ini di dalamnya.
Ø  Dim P, Q As Long
Ø  Dim tag As String
Ø  Private Sub Cmdbersih_Click()
TextBox1.Text = ""
TextBox1.SetFocus
End Sub
Ø  Private Sub Cmdcari_Click()
On Error Resume Next
P = Val(TextBox1.Text)
Select Case P
Case Is < 2
MsgBox P & " bukan bilangan prima"
Case Is = 2
MsgBox P & " bilangan prima"
Case Is > 2
Q = 2
Do
If P Mod Q = 0 Then
MsgBox P & " bukan bilangan prima"
tag = "Bukan Prima"
Exit Do
End If
Q = Q + 1
Loop While Q <= P – 1

If tag <> "Bukan Prima" Then
MsgBox P & " bilangan prima"
End If
End Select
End Sub
Ø  Private Sub Cmdexit_Click()
Unload Me
End Sub
Langkah 3
Selanjutnya, klik pada UserForm1>>View Object untuk menampilkan UserForm1. Ubah nama dan caption dari comandbutton. Contoh seperti di bawah ini . Commandbutton ini memiliki caption ‘find’ dan nama ‘Cmdcari’. Caption merupakan teks yang tidak mempengaruhi kode. Caption ini merupakan teks yang ditampilkan oleh commandbutton supaya kita mudah mengenalinya. Sedangkan nama (name) merupakan nama unik commandbutton yang mempengaruhi kode. Jika nama commandbutton tidak sesuai dengan kode, bisa dipastikan kode vba yang terkait commandbutton itu tidak berfungsi.
           
Langkah 4
Sekarang silahkan kembali ke slide Powerpoint contohnya pada slide2. Tambahkan sebuah commandbutton dengan nama caption ‘Mulai’. Double klik pada comandbutton tersebut, tambahkan kode VBA berikut di dalamnya.
Ø  Private Sub CommandButton1_Click()
UserForm1.Show
End Sub
3.      Membuat soal pilihan ganda dengan scoring yang akan menjadi topic dan di paparkan dalam pembahasan.



BAB 111
PEMBAHASAN

A.    Membuat Soal Pilihan Ganda dengan Scoring
Power point merupakan software yang di sediakan untuk presentasi oleh karena itu menurut penulis Microsoft Power Point dapat di jadikan media dalam mengajarkan materi apa saja kepada siswa, tidak terkecuali matematika.
Dalam bagian VBA nya penulis mencoba membuat sebuah apikasi  soal dengan scoring dengan tujuan mempermudah guru dalam memberikan soal latihan, rekap nilai pemeriksaan dll.  ataupun kuis dan selain itu dengan menggunakan aplikasi ini dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar.
Langkah yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :
Langkah 1
Ø  Membuat properti
Pada slide pertama kita mengisi dengan beberapa tolbox diantaranya 2 buah label untuk isian nama dan nim, text box , dan 1 tombol command buttom sebagai tombol perintah


Ø  Pada slide slanjutnya kita buat sebuah shapes untuk isian soal, 3 buah command buttom untuk pilihannya , dan 2 tombol printah command buttom untuk kembali dan next  

Ø  Dari slide soal pertama sampai terakhir dibuat format yang sama seperti langkah no 2
Ø  Pada slide terakhir kita buat 5 buah shapes yang tampak seperti gambar berikut


Sebetulnya untuk tampilan yang di buat tidak harus terpaku kedalam satu arah tergantung tingkat ke kreatifan kita dalam membuatnya. Tahapan selanjutnya adalah membuat suatu bahasa  program agar program yang kita buat bisa di gunakan.

Ø  Membuat bahasa pemrograman
Slide 1
Private Sub CommandButton1_Click()
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
ActivePresentation.Slides(6).Shapes("Nama").TextFrame.TextRange.Text = TextBox1.Text
ActivePresentation.Slides(6).Shapes("NIM").TextFrame.TextRange.Text= TextBox2.Text
ActivePresentation.Slides(6).Shapes("SCORE").TextFrame.TextRange.Text = 0

End Sub

Slide 2 sampai slide 5
Private Sub CommandButton1_Click()
ActivePresentation.Slides(6).Shapes("score").TextFrame.TextRange Range =
ActivePresentation.Slides(6).Shapes("score").TextFrame.TextRange.Text + 25

End Sub

Private Sub CommandButton2_Click()
ActivePresentation.Slides(6).Shapes("score").TextFrame.TextRange Range =
ActivePresentation.Slides(6).Shapes("score").TextFrame.TextRange.Text + 0

End Sub

Private Sub CommandButton3_Click()
ActivePresentation.Slides(6).Shapes("score").TextFrame.TextRange Range =
 ActivePresentation.Slides(6).Shapes("score").TextFrame.TextRange.Text + 0
End Sub

Private Sub CommandButton4_Click()
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Previous
End Sub

Private Sub CommandButton5_Click()
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next

End Sub

            Slide terakhir , kami tidak menggunakan bahasa program yang ada dilembar kerja VBA akan tetapi untuk mensinkronkan toolbox pada slide 1 dengan slide akhir kita pakai task pane pada power point.

            Langkahnya adalah sebagai berikut :
1.      clik menu home, pilih select, pilih select pane
2.      Setelah kotak dialog selesct pane activ kita perlu menyingkronkan shapes yang kita buat dengan toolbox di slide 1


B.     Keunggulan dan Kelemahan menggunakan VBA dalam membuat soal pilihan ganda pada power point
Ø  Kelebihan
1.      Pembelajaran menjadi interaktif
2.      Efisien terhadap waktu karena siswa langsung memilih jawaban tidak usah menulis di buku.
3.      Otomatis langsung menghitung nilai yang benar dan salah sehingga menjauhi kesalahan dalam memberikan penilaian.
4.      Dapat di jadikan latihan soal yang berulang karena ketika siswa tidak puas dengan hasil yang ia peroleh maka bisa kembali mencoba sampai benar-benar hafal dan betul.

Ø  Kekurangan
1.         Kesulitan dalam membuat sebuah aplikasi karena memakai bahasa pemerograman, Yang membuat aplikasi harus benar-benar teliti dalam membuat suatu program karena ketika salah 1 huruf pun aplikasi akan gagal.
2.         Kurang efektif karena soal latihan harus di berikan secara perorangan kecuali jika di sekolah sudah di sediakan computer dan anak sudah di berikan aplikasi soal tersebut.




























BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan, bahwa bahasa pemograman visual basic merupakan pemrograman berbasis Windows. Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna, dan mudah dipakai. Dengan fasilitas tersebut, membuat Visual Basic menjadi begitu diinginkan oleh programmer. Pada microsoft power point sendiri dapat di buat berbagai macam jenis aplikasi yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar.
B. Saran
Diharapkan mahasiswa dan pembaca khalayak umumnya khususnya kita sebagai calon guru mau mempelajari dan mengembangkan bahasa pemograman visual basic. Membuat suatu inovasi-inovasi sebagai media pembelajaran misalnya, pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan fasilitas Powerpoint dengan menggunakan VBA agar cara pengajaran meningkat dan hasil belajar siswa pun semakin bagus. Apalagi dengan adanya tekhnologi yang semakin canggih kita juga harus fleksibel dan mengikuti zamannya.









DAFTAR PUSTAKA
Mulyana, aina. (2012). Cara membuat media pembelajaran. [online] tersedia pada http://ainamulyana.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-media-pembelajaran_3198.html (di akses 01 juni 2017)
Yulia. (2011). Makalah pemerograman Visual Basic. [online] tersedia pada http://yulia02-yulia.blogspot.co.id/2011/01/makalah-pemrograman-visual-basic.html (di akses 01 juni 2017)
Triprasetia, R. A. (2012). Membuat soal dengan visual basic. [online] tersedia pada http://www.rokhmad.com/2012/08/membuat-soal-dengan-visual-basic-pada.html (di akses 01 juni 2017 )



Popular posts from this blog

macam macam software pembelajaran matematika

lagu tepuk tk